Minggu, 28/07/2019 21:00 WIB | Dibaca: 2038 kali

Jelang Pilkada Gunungkidul 2020, Mencuat Nama Kolonel Tugiman


Kolonel Inf. Dr. Tugiman. Foto: Istimewa

GUNUNGKIDUL – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Gunungkidul akan kembali berlangsung pada 2020 mendatang, Namun warga Gunungkidul mulai membicarakan Pilkada di daerahnya, termasuk sejumlah tokoh yang diprediksi bakal maju dalam Pilkada 2020. Salah satu tokoh yang sudah mulai mencuat adalah Kolonel Inf. Dr. Tugiman.

Purwanto (45), warga Kecamatan Rongkop, Gunungkidul mengatakan, Tugiman yang asli putra daerah Gedungpoh, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul ini mulai menjadi perbincangan masyarakat. Warga membicarakan sosok ini dalam obrolan santai seperti di pos ronda, pasar, warung angkringan dan lainnya. 

Menurutnya, wajar bagi Gunungkidul yang mulai membicarakan sosok tentara aktif yang juga doktor Universitas Padjajaran Bandung ini. Di Jawa Barat, Tugiman juga bukan sosok asing karena memang sukses meniti karir di sana.

Dikatakan Purwanto  sosok Tugiman menjadi obrolan masyarakat, termasuk di daerahnya terkait momentum Pilkada 2020 mendatang,

“Warga desanya mulai mengenal Kolonel Tugiman saat memberi bantuan droping air bersih,” katanya, Minggu (28/07/2019). 

Seperti biasanya, saat  kemarau banyak desa di Kecamatan Rongkop mengalami kesulitan air bersih.

“Desa kami dapat droping air bersih, itu bantuan dari beliau (Kolonel Tugiman). Dia punya kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan. Beliau selalu menjadi bahan pembicaraan, tidak hanya di desa saya saja," ungkapnya.

Syaiful, pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gunungkidul mengenal Tugiman saat GP Ansor menggelar diskusi tentang peran kepemudaan belum lama ini,

“Pak Tugiman menjadi pembicara, wawasannya luas,” kata dia.

Rinda Trisnanta, warga Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul mengatakan, Tugiman merupakan sosok yang peduli terhadap olahraga daerah. Salah satunya ikut berperan dalam penyelenggaran turnamen sepakbola di Gunungkidul,

“Beliau punya perhatian dalam memajukan olahraga di Gunungkidul,” ujarnya.

Ia menjelaskan, turnamen sepak bola tersebut digelar dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI. Turnamen dipusatkan di Lapangan Desa Ngawis, 28 Juli sampai 17 Agustus 2019 mendatang. 

Siapa sebenarnya Tugiman yang namanya disebut-sebut siap maju di Pilkada Gunungkidul nanti? Pria yang sukses meniti karir di dunia militer ini secara implisit, menyebut setelah pensiun ingin pulang kampung halaman membangun Gunungkidul.

“Orang bijak menyebut, jangan lupa asal usulnya dari mana. Jangan menjadi kacang lupa pada kulitnya,” tutur Tugiman belum lama ini. 

Alumnus S3 Universitas Padjajaran Bandung ini mengatakan, Gunungkidul adalah kampung halamannya. Dia tidak lupa meski sudah berkarir sukses di daerah lain,

“Setelah pensiun saya kembali ke kampung halaman, dan berharap bisa memberi manfaat bagi warga Gunungkidul,” katanya.

Dosen luar biasa Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung ini tidak menampik banyak pihak yang mendorongnya untuk memimpin Gunungkidul.

“Kalau mendapat amanah, kita bangun Gunungkidul bersama,” imbuhnya.

Untuk mengenal lebih dekat sosok Tugiman, berikut jabatan yang disandangnya:

1. Sekjen Komite Sepeda Indonesia Jawa Barat.

2. Kepala Bidang id Hukum dan Advokasi Koni Provinsi Jawa Barat

3. Kepala Bidang Organisasi Koni Provinsi Jawa Barat

4. Ketua Tim Hukum dan Advokasi Kontingen Jawa Barat pada PON 2106

5. Ketua Dewan Hakim PB. Porda Jabar 2019.

6. Ketua Tim Penyiapan Atlet Balap Sepeda Jawa Barat (juara umum PON 2016)

7. Ketua Tim Penyiapan Atlet Atletik Jawa Barat pada PON 2016

8. Saat ini tergabung dalam Tim Penyiapan Kontingen Jawa Barat untuk menghadapi PON 2020 di Papua.

9. Tim Penyiapan Porda Jawa Barat 2022.

10. Pengamat Hukum Tatanegara dan Dosen Pasca Sarjana Unpas Bandung.

11. Doktor Hukum Tatanegara Universitas Padjadjaran. (kt3)

 

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga