Turut Kawal Kunjungan Wapres, Danlanal Yogyakarta Ingatkan Jangan Sampai Ada Aksi Separatis di Hari Kemerdekaan


Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro turut menyambut dan mengawal Wapres saat kunjungan di Yogyakarta. Foto: Ist

YOGYAKARTA – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Lantamal V, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro turut mengawal Wakil Presiden (Wapres) RI H.M Jusuf Kalla saat menghadiri Kongres Pancasila Ke- XI di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Kamis (15/08/2019).

Danlanal beserta jajaran TNI-Polri dan Pemerintah Daerah – Daerah Istimewa Yogyakarta Hadir dalam penyambutan kedatangan Wapres RI di base ops Lanud Adisucipto Yogyakarta.

Selain Danlanal, turut menyambut kedatangan Wapres antara lain, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Pangdam IV/DIP Mayjen TNI M. Efendi, Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, Danlanud Adi Sucipto Marsma TNI Bob Hendri P, Kabinda DIY Brigjen Pol Dr. Winston TW., Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro, Kajati DIY Erbagtyo Rohan, S.H M.H, para cendekiawan muslim organisasi Islam Muhammadiyah dan NU serta para civitas akademika Perguruan Tinggi di Yogyakarta.

Dalam pelaksananaan pengamanan VVIP Kunker Wapres RI H.M Jusuf Kalla di Yogyakarta, Danlanal Yogyakarta menyampaikan bahwa situasi umum wilayah kota Yogyakarta relatif aman dan kondusif,

“Namun demikian, dengan cuaca dan musim pancaroba serta potensi bencana gempa yang beberapa kali terjadi, diperlukan antisipasi dini dalam perencanaan Cara Bertindak (CB) pengamanan yang tepat,” tutur Danlanal Yogyakarta dalam keterangan Pers Penlanal Yogyakarta yang diterima redaksi, Jum’at (16/08/2019).

Ia juga mengingatkan perlu diwaspadai juga adanya rangkaian kegiatan aksi unjuk rasa dari kelompok mengusung isu separatis, seperti kemerdekaan Papua oleh Aliansi Mahasiswa Papua (AMP),

"Bersama aparat keamanan satuan samping, yakinkan bahwa tidak ada atribut bendera, poster atau selebaran Bintang Kejora Papua Merdeka, apalagi di moment bulan peringatan Hari Kemerdekaan RI kita, dapat menurunkan harga diri sebagai bangsa Indonesia, khususnya di wilayah Yogyakarta," tegas Danlanal Yogyakarta kepada jajaran unsur Pengamanan Lanal Yogyakarta yang terlibat.

Sekadar informasi, Kongres Pancasila Ke-XI Tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Wapres RI H.M Jusuf Kalla dengan mengusung tema "Aktualisasi Pancasila Dalam Merajut Kembali Persatuan Bangsa", dengan susunan acara antara lain sambutan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono dan sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Adapun isi sambutan disampaikan Wapres RI H.M Jusuf Kalla antara lain bahwa Pancasila adalah sebagai pondasi bukan sebagai tujuannya, sehingga Pancasila yang simpel dan tegas namun dalam penafsirannya terkadang ada perbedaan. Menurut Wapres, selama Indonesia merdeka telah terjadi 15 konflik dengan korban lebih 1.000 orang yang bersumber dari ketidakadilan,

“Pemahaman Pancasila jangan dipersulit namun sesuatu yang sederhana dan mudah dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Wapres.

Sebelum menghadiri kongres Pancasila Ke- XI tersebut, Wapres RI H.M Jusuf Kalla dan rombongan menyempatkan melaksanakan silaturahmi kepada tokoh cendekiawan muslim Muhammadiyah KH. Buya Syafii Ma'arif di kediaman Nogotirto, Gamping, Sleman Yogyakarta. (kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga