Lanal Yogyakarta Pamerkan Kehandalan SSAT Diajang Independence Day Militery Expo 2019


Stand Lanal Yogyakarta dalam event Independence Day Militery Expo Tahun 2019. Foto: Ist

YOGYAKARTA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta, menampilkan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam Pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Jogja City Mall (JCM) Jl. Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati Sleman Yogyakarta. Pameran tersebut telah digelar selama tiga hari, sejak Jumat (16/08/2019) hingga Minggu (18/08/ 2019).

Koordinator stand pameran Lanal Yogyakarta, Kapten Laut (E) Agus Murdianto mengatakan Pameran bertajuk Independence Day Militery Expo Tahun 2019 merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tujuan menumbuhkan semangat bela negara, rasa cinta dan nasionalisme masyarakat Yogyakarta.

Pejabat Sementara Perwira Staf Operasi (Pjs Pasops) Lanal Yogyakarta ini menjelaskan, event bergensi pameran Alutsista TNI ini juga diikuti oleh satuan- satuan TNI dan Polri wilayah Yogyakarta dan sekitarnya,

"Dalam pameran ini Lanal Yogyakarta menampilkan display dan alat peralatan kesenjataan yang handal dan mutahir sebagai Alutsista TNI yang dimiliki dan digunakan TNI Angkatan Laut dalam berbagai kegiatan dinas, baik latihan maupun operasi militer yang merupakan integrasi antara Kapal Perang RI (KRI), Pesawat Udara (Pesud), Korps Marinir dan Pangkalan," katanya dikutip dari keterangan pers Pen Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi.

Selain menggelar pameran melalui stand juga ditampilkan secara langsung di lokasi peralatan tempur seperti aneka varian panser serbu dan tank dari Kikav 2/Turangga Ceta Demak Ijo, meriam gunung M-48 76 mm dari Yon Armed Kodam IV Diponegoro, serta berbagai Kendaraan Tempur (Ranpur) TNI dan Kendaraan Taktis (Rantis) Brimobda DIY.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro saat meninjau stand pameran Lanal Yogyakarta pada Minggu siang (18/08/2019) meminta kepada ketua koordinator dan personel agar stand pameran Lanal Yogyakarta dapat menampilkan yang terbaik kepada para pengunjung pameran,

"Baik dalam memberikan informasi sebanyak-banyaknya dan penampilan display Alutsista SSAT sebagai bentuk pertanggungjawaban dinas/TNI Angkatan Laut kepada warga masyarakat Indonesia, khususnya masyarkat Yogyakarta yang dapat secara langsung menyaksikannya," tutur Danlanal Yogyakarta didampingi Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M Mar. Stud.

"Walaupun Lanal Yogyakarta tidak ada Pangkalan untuk unsur kapal perang KRI sandar, namun dengan menampilkan display dan memberikan informasi sebanyak banyaknya kepada warga Yogyakarta yang berkunjung di stand pameran, kita dapat memberikan pemahaman dan informasi yang tepat tentang kehandalan sistem integrasi komando dan persenjataan TNI Angkatan Laut dalam konsep SSAT, serta sebagai wahana efektif kita untuk mensosialisasikan informasi perekrutan calon prajurit TNI Angkatan Laut bagi pemuda-pemudi wilayah Yogyakarta," jelas Danlanal Yogyakarta.

Rangkaian pembukaan pameran secara resmi dalam sebuah seremonial upacara pembukaan pada hari Jumat, 16 Agustus 2019 yang dihadiri unsur pimpinan TNI Polri dan Forkopimda DIY, turut hadir Perwira Staf Intelijen (Pasintel) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (T) Mufit mewakili Danlanal Yogyakarta. Berbagai acara meriah dan menarik ditampilkan pada acara pembukaan, diantaranya penampilan demo pesawat udara oleh Tim Yupiter Aurobatik Lanud Adi Sucipto, Marchingband dan Rampak Gendang oleh Taruna Taruni STTKD serta penampilan tari-tarian tradisional berbagai daerah oleh beberapa siswa-siswi sekolah dan sanggar seni wilayah Yogyakarta. (kt3)

Redaktur: Faisal.


 





Baca Juga