Museum Bahari dan Lanal Yogyakarta Gelar Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Pelajar


Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman pelajar Se-DIY yang diselenggarakan Museum Bahari bekerjasama Lanal Yogyakarta. Foto: Ist

YOGYAKARTA - Museum Bahari bekerjasama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V menggelar Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Tingkat SLTP dan SLTA Sederajat Se-DIY, Kamis (22/08/2019), kemarin di Hall A dan B hotel Dermaga Keluarga Jl. Ambarbinangun No 470 Sonosewu Baru, Ngestiharjo, Kasihan Bantul Yogyakarta.

Ketua Panitia Mayor Laut (P) Wahono mengungkapkan Lomba yang digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-10 Musium Bahari serta masih dalam rangkaian memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019. Selain itu, kata dia, juga sebagai upaya mengenalkan dan mencintai dunia kemaritiman bagi generasi muda, khususnya pelajar di wilayah DIY,

“Bahwa diadakan lomba untuk mencetak generasi muda yang cinta terhadap laut, bahwa 2/3 wilayah negara kita adalah laut yang harus dimaknai laut bukan sebagai pemisah namun sebagai pemersatu wilayah negara kesatuan republik Indonesia,” katanya sebagaimana keterangan tertulis Pen Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi, Jumat (23/08/2019)

Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Yogyakarta ini menjelaskan, Lomba cerdas cermat kemaritiman kali ini, memperebutkan piala Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, M.M (Kepala Staf TNI Angkatan Laut Tahun 2012-2015), dengan mengusung tema “Mengenal Dunia Maritim Indonesia”.

Disampaikan Wahono, Penyelenggara kegiatan tahun ini merupakan yang ke-3 kalinya dan mengundang animo luar biasa dari masyarakat DIY, terutama pelajar sebagai peserta lomba maupun hadir menyaksikan jalannya lomba,

“Tercatat peserta tingkat SMP diikuti 24 regu dan tingkat SMA diikuti 27 regu,” sebutnya.

Pembina Museum Bahari Yogyakarta Laksdya TNI (Purn) Yosefat Didik Heru Purnomo mengatakan,  pelaksanaan lomba cerdas cermat kemaritiman yang digelar, merupakan bukti semangat dan kecintaan kita akan dunia maritim Indonesia,

“Dimana tidak ada negara besar di dunia yang tidak menguasai laut dan sejarah membuktikan bahwa negara kita juga pernah mencapai kejayaan maritim pada era kerajaan Sriwijaya dan Majapahit,” tuturnya.

Dalam sambutannya  Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, menyatakan rasa syukur karena pemerintah mencanangkan program Indonesia sebagai poros maritim dunia,

“Presiden Joko Widodo sebagai presiden Republik Indonesia memiliki konsep dan memproyeksikan kesejahteraan rakyat Indonesia dengan bertumpu pada visi misi penguasaan maritim dan menjadikan negara kita sebagai poros maritim dunia,” ujarnya.

Usai sambutan, ia kemudian  membuka lomba cerdas cermat dengan penekanan tombol disertai menyanyikan bersama lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut, dilanjutkan menyaksikan langsung pelaksanaan lomba cerdas cermat kemaritiman.

Hadir mendampingi Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, M.M antara lain Ny. Peni Marsetio dihadiri oleh Pembina Musium Bahari Laksdya TNI (Purn) Y. Didik Heru P, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro, Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M Mar Stud, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL) DIY Kolonel Marinir (Purn) Suwalino, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi DIY, unsur TNI Polri DIY serta para siswa-siswi peserta didampingi guru pembina.

Danlanal Yogyakarta, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro, mengungkapkan pelaksananaan lomba cerdas cermat kemaritiman telah sukses digelar tahun ini,

“Kami jajaran Lanal Yogyakarta siap menggelorakan semangat dan wawasan maritim bagi generasi muda dan pelajar di wilayah Yogyakarta, sekaligus sebagai upaya efektif Lanal Yogyakarta dalam pembinaan bela negara serta menguatkan strategi wilayah pertahanan laut nusantara", tegas Danlanal Yogyakarta.

Pada kesempatan lomba cerdas cermat kemaritiman tahun ini, keluar sebagai juara 1 tingkat SMA oleh SMAN 1 Wonosari, juara 2 oleh SMAN 9 Yogyakarta dan juara 3 oleh SMAN 8 Yogyakarta.

Tingkat SMP juara 1 oleh SMPN 2 Wonosari, juara 2 oleh SMP PL 1 Yogyakarta dan juara 3 oleh SMP Muh 3 Yogyakarta.

Hadiah untuk para pemenang lomba diserahkan langsung oleh Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, M.M. (kt3)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga