Peringatan HUT TNI AL Ke 74, Lanal Yogyakarta Gelar Serangkaian Kegiatan


Dan Lanal Yogyakarta memimpin ziarah ke makam pahlawan dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT TNI AL ke 74. Foto: Ist

YOGYAKARTA - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut (AL) Ke-74 Tahun 2019, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V menggelar rangkaian kegiatan. Diantaranya, upacara militer dan ziarah ke makam Pahlwan  Kusumanegara Yogyakarta, Selasa (10/09/19).

Upacara peringatan HUT TNI AL Ke-74 Tahun 2019 yang digelar di lapangan Mako Lanal Yogyakarta Jl. Melati Wetan no 62 Baciro Yogyakarta, mengusung tema " Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Pondasi Indonesia Maju".

Upacara diikuti 1 kelompok gabungan Perwira Staf dan Kowal, 1 SST bersenjata Bintara, 1 SST bersenjata Tamtama dan 1 SST PNS Lanal Yogyakarta.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro dan Komandan Upacara (Danup) oleh Kepala Satuan Fasilitas Pangkalan (Kasat Faslan) Lanal Yogyakarta Kapten Marinir Susanto.

Dalam upacara, Danlanal Yogyakarta membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E, M.M.,. Melalui amanat tertulisnya, Kasal menyampaikan bahwa upacara peringatan HUT TNI AL ke 74 memiliki arti yang penting bagi TNI AL,

“Karena berdasar fakta sejarah tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak sejarah berdirinya TNI AL, kurun waktu 74 tahun tersebut telah banyak pengorbanan jiwa dan raga oleh para pejuang dan pendahulu kita, oleh karena itu sebagai generasi penerus sudah sepantasnya kita harus menteladani semangat patriotisme, keikhlasan dan rela berkorban untuk kejayaan TNI AL, TNI serta bangsa dan negara Indonesia,” tuturnya.

Saat ini, berbagai Alutsista TNI AL baik berupa kapal perang dan pesawat udara patroli maritim akan sedang dibangun. Menurut Kasal, hal ini merupakan kebanggaan bahwa  industri pertahanan dalam negeri turut berkontribusi besar dalam membangun TNI AL,

“Perlu disadari pula bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia (SDM) sebagai tulang punggungnya, dengan demikian keunggulan SDM TNI AL merupakan tuntutan yang tidak bisa di tawar tawar lagi,” tegas Danlanal Yogyakarta membacakan amanat Kasal.

Danlanal Yogyakarta meminta seluruh prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta agar melalui upacara peringatan HUT TNI AL tahun ini dapat menjadi momentum untuk instropeksi dan evaluasi diri,

“Hal ini sebagai memberikan yang terbaik bagi TNI AL, TNI dan bangsa melalui pengabdian dinas di Lanal Yogyakarta,” pungkas Danlanal Yogyakarta, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro dikutip dari keterangan resmi Penerangan Lanal Yogyakarta.

Dalam pers rilisnya, Pen Lanal Yogyakarta menginformasikan, dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI AL Ke-74 Tahun 2019, Lanal Yogyakarta juga akan melaksanakan beberapa kegiatan antara lain ceramah penyuluhan kesehatan reproduksi remaja kepada siswa-siswi SMP Negeri 15 Yogyakarta pada tanggal 11 September 2019 dan bhakti sosial donor darah di Mako Lanal Yogyakarta pada tanggal 16 September 2019 mendatang. (pr/kt1)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 


 



Terpopuler


Baca Juga