Sabtu, 05/10/2019 20:14 WIB | Dibaca: 247 kali

David Foster Konser dengan Batik di Prambanan


Jumpa Pers, jelang konser David Foster. Foto: ist

YOGYAKARTA - Komposer dan penyanyi asal Kanada David Foster malam ini pentas di kawasan Candi Prambanan, Sabtu, 5 Oktober 2019. Ia mengajak para musisi dan penyanyi dunia dalam Batik Music Festival. Dari dalam negeri Yovie Widianto akan tampil dengan komposisi lengkap dan mengajak para penyanyi kondang. Antara lain Bunga Citra Lestari, Raisa, Marcell, Rio Febrian, dan penyanyi lain.

Uniknya para penyanyi dan musisi semuanya menggunakan pakaian batik. Memang konser ini juga untuk memperingati hari Batik yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Perpaduan antara mahakarya musik, batik dan Candi Prambanan membuat konser ini sangat menarik dan tak bisa didapatkan di tempat lain,

“Perpaduan tiga mahakarya, musik, batik dan Candi Prambanan menjadikan nuansa yang istimewa. Semua pemain musik dan penyanyi juga panitia memakai pakaian batik, dresscode penonton juga pakaian batik,” kata Anas Syahrul Alimi, promotor musik Rajawali Indonesia, Jumat malam, 4 Oktober 2019.

Batik, kata dia sebagai salah satu warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia ditetapkan oleh UNESCO sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity, atau Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia. Sejak saat itu dalam setiap tahunnya, 2 Oktober selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia sebagai Hari Batik Nasional.

Untuk memperingati momen agung tersebut, Rajawali Indonesia bersama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko menginisiasi sebuah pergelaran bernama Batik Music Festival Festival bertaraf internasional ini.

Perpaduan mahakarya batik, Candi Prambanan dan musik yang disuguhkan dalam satu waktu ini menjadi momen yang tak terlupakan. Serta menjadi cerita tersendiri yang secara turun temurun dikisahkan kepada generasi selanjutnya,

“Festival ini merupakan sebuah bentuk apresiasi nyata akan warisan nenek moyang masih terjaga sampai sekarang, yaitu batik. Batik memang sudah sangat tersohor ke banyak negeri di dunia, namun dengan cara kolaborasi dari tiga mahakarya ini akan menjadi cara yang sangat tepat untuk mempromosikan batik secara lebih luas lagi melalui sebuah gelaran musik,” kata dia.

Selain David Foster, ada juga Kenny “Babyface” Edmonds, Katharine McPhee, Pia Toscano, Yuna dan Nick Zavior meramaikan konser ini. Sedangkan Yovie Widianto, mengajak Kahitna, Bunga Citra Lestari, Raisa, Marcell, Rio Febrian, 5 Romeo dan Arsy Widianto,

“Untuk Batik Music Festival kami membagi menjadi dua area panggung, yaitu panggung Festival Show yang akan menampilkan artis-artis nasional, sementara untuk internasional artis sendiri akan ditampilkan di panggung Special Show,” kata Anas.

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Edy Setijono selaku Co Promotor Batik Music Festival menjelaskan, musik adalah suatu cara yang paling cair untuk lebih memperkenalkan warisan budaya yang dimiliki bangsa ini kepada cakupan masyarakat yang lebih luas. Secara tidak disadari, musik telah menggiring masyarakat untuk belajar dan memahami lebih dalam tentang adanya batik dan situs bersejarah yang harus mereka banggakan,

"Mungkin ini akan menjadi momen pertama di mana Candi Prambanan akan diserbu oleh ribuan orang yang menggunakan batik,” ujarnya.

David Foster yang sudah sering pentas di Indonesia sejak 1991 in mengajak Katharine McPhee,

Katharine adalah finalis American Idol dan kini menjadi istrinya.

“Saya pentas di Indonesia pertama kali 1991 bersama Adi (Adi MS). Saya senang akan tampil di Candi Prambanan,” kata David Foster.

"Saya baru pertama kali datang ke Indonesia dan Yogyakarta. Saya sangat senang berada disini," sambut Katharine McPhee. Kenny “Babyface” Edmonds juga menyatakan senang dengan baju batik yang akan ia kenakan saat pentas. “Batik is very cool, “ pungkkasnya. (kt2)

Redaktur Faisal


 





Baca Juga