Sabtu, 05/10/2019 22:17 WIB | Dibaca: 85 kali

Parade HUT TNI ke 74 Kodam IV Diponegoro Dipusatkan di Ambarawa


Upacara peringatan HUT TNI ke 74 wilayah Kodam IV/Diponegoro di Ambarawa. Foto:ist

SEMARANG - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia Ke-74 Tahun 2019 wilayah Kodam IV/Diponegoro digelar di lapangan Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman Ambarawa Jawa Tengah, Sabtu (05/10/2019).

Pada upacara parade tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.Sos., M.Si . Upacara diikuti oleh lebih kurang 3.500 orang prajurit TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, PNS, Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahadipa, FKPPI dan PPM yang berada di wilayah kerja Kodam IV/Diponegoro.

Hadir pada upacara ini, para undangan pejabat jajaran TNI, Polri, pejabat Pemda setempat dan para punawirawan TNI.

Panglima TNI Jenderal TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Irup menyampaikan bahwa dengan tema “TNI Profesional Kebanggan Rakyat”, makna yang terkandung adalah TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat, ucapkan rasa hormat dan bela 

sungkawa yang mendalam atas gugurnya prajurit-prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas negara.

Sebagai alat negara tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks diantarnya perang siber yang disertai perang informasi,

“Walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan  bermasyarakat dan bernegara. Untuk menghadapi kompleksitas ancaman tersebut diperlukan pembangunan postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI,” tuturnya.

Selesai upacara parade dilanjutkan penampilan akrobatik pesawat Grop TNI AU, aeromodelling miniatur pesawat tempur, demonstrasi PBB TNI dan tarian daerah kolosal yang menggambarkan spirit perjuangan pahlawan nasional Pangeran Diponegoro dalam melawan kaum penjajah, selanjutnya diakhiri dengan penampilan defile pasukan upacara.

Sementara itu, PangdamIV/Diponegoro, Mayjend TNI Mochamad Effendi kepada wartawan  mengatakan, momentum HUT ke-74 TNI yang juga bertepatan dengan HUT Kodam IV/Diponegoro dijadikan sebagai momentum untuk instropeksi dan mawasdiri atas berbagai tugas yang telah kita laksanakan,

“Serta sebagai wahana untuk mempertebal semangat jiwa korsa dan meningkatkan etos kerja guna mendukung tugas pokok TNI,” katanya.

Sementara itu, Jajaran TNI di wilayah DIY yang hadir dalam upacara peringatan HUT TNI ke 74 di Ambarawa diantaranya Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI M. Zamroni beserta jajaran dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Kolonel Marinir Bambang Adriantoro beserta prajurit Lanal Yogyakarta. (kt3)

Redaktur: Hamzah

 


 





Baca Juga