Pushidrosal Sosialisasikan Aplikasi Informasi Kelautan Indonesea dan Sea Vision

YOGYAKARTA – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) melaksanakan sosialisasi terkait informasi kelautan berbasis internet dengan aplikasi Indonesea dan Sea Vision di Markas Komando Pangkalan TNI AL (Makolanal) Yogyakarta, Kamis (24/09/2019).

Sosialisasi selain diikuti personel internal dari AL, juga diikuti perwakilan Ditpolair Polda DIY, Kantor SAR Yogyakarta, Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) serta nelayan Kabupaten Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul.

Pjs. Perwira Pelaksana (Palaksa) Mayor Laut (P) Wahono mengatakan, sosialisasi dilaksanakan sebagai upaya memujudkan visi misi pemerintah Presiden Joko Widodo, bangsa Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Menurutnya, untuk  mencapai tujuan tersebut diperlukan data yang komprehensif dalam upaya menjamin keselamatan pelayaran nasional dan pengembangan potensi maritime. Hal tersebut telah dilakukan oleh TNI Angkatan Laut khususnya oleh Pushidrosal dalam mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data terkait peta laut, situasi medan dan cuaca untuk kepentingan masyarakat maritim seluruh komponen bangsa.

Ia berharap, materi yang diberikan oleh Pushidrosal dapat bermanfaat baik untuk kepentingan tugas dinas maupun dalam menunjang pekerjaan para nelayan,

“Dalam kegiatan sosialisasi ini, selain untuk mendapat materi yang disampaikan, namun mari kita maknai kegiatan di Mako Lanal Yogyakarta ini sebagai upaya untuk semakin mengenal dan mempererat kerja sama dan hubungan persaudaraan yang akan berguna di masa akan datang,” kata Wahono mewakili Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro.

Sosialisasi juga dihadiri Dandenpomal Lanal Yogyakarta Mayor Laut (PM) Sambudi, Pasintel Lanal Yogyakarta Mayor Laut (T) Mufit dan Danunit Intel Lanal Yogyakarta Lettu Laut (P) Hadi Sutrisno.

Materi sosialisasi disampaikan Kasubdis Pam Pers Ditpam Mayor Laut (KH/W) dr. Cecilia F. M. PICT dan Kasipam Litla Ditpam Pushidrosal Mayor Laut (P) Gigis W.T.

Dalam sosialisasi dikenalkan dan dijelaskan tentang sistem pelaporan dan akses informasi dengan memanfaatkan aplikasi Indonesea dan sea vision melalui playstore pada hp berbasis android dengan nama appstore atau iosstrore.

Para peserta tidak hanya dikenalkan aplikasi tersebut, namun secara bertahap juga diajarkan dan dipandu tim Pushidrosal untuk menggunakannya di hp masing-masing,

“Harapannya dengan mengetahui dan memahami aplikasi tersebut akan menjadi kontribusi positif bagi masyarakat maritim di wilayah kerja Lanal Yogyakarta,” harap Cecilia.  (kt1)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com