Senin, 28/10/2019 20:13 WIB | Dibaca: 129 kali

Seluruh Unsur Forkompinda DIY Ikuti Upacara Peringatan Sumpah Pemuda


Pejabat dari berbagai unsur Forkompinda DIY upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di Stadion Mandala Krida. Foto:Ist

YOGYAKARTA  – Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Senin (28/09/2019).

Dalam upacara tersebut, Kapolda DIY, Irjen. Pol. Ahmad Dhofiri bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Selaku Komandan Upacara (Danup) Mayor Pnb Soni AP.

Dalam upacara, Dofiri membacakan amanat menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali. Kapolda DIY menjelaskan, peringatan Hari Sumpah tahun ini mengusung tema “ Bersatu Kita Maju”. Tema ini diangkat untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Hanya dengan persatuan yang dapat mewujudkan cita-cita bangsa,

“Kita dalam tema ini diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, dan menjadi keharusan untuk pemuda indonesia, karena ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju,” ungkapnya.

Menurutnya, pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. Apabila pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, untuk menuju persatuan dan memperjuangkan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia. Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia. Saya berharap kedepannya akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,” imbaunya.

Dalam kesempatan ini dibacakan pula Pemenang Pemuda Pelopor Pemda DIY 2019, sekaligus pemberian hadiah yang diberikan langsung Kapolda DIY.

Pemenang Pemuda Pelopor katagori Pendidikan yaitu, Syaeful Cahyadi, Beny Abdurrahman, Adly Santoso, Bayu Endrianto, Devi Asmawati. Katagori Agama Sosial dan Budaya yaitu Aisyah Putri Wulansari, Asti Dwi Astuti, Wahyu Ari Wibowo, Very Hamadah, Ferdian Ronaldo. Kategori SDA, Lingkungan dan Parwisata yaitu Susilo Nuhrogo, Sumarno, Ngudi Prasetyo dan Yuli Suranto. Kategori Pangan yaitu Husein Nur, Antok Wijanarko dan Kelik Ardiyanto. Kategoir Inovasi Teknologi yaitu Fathin Naufal, Yuli Sulistya, Bagas, Apri Aditya.

Upacara ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda DIY, para Kepala OPD, TNI, Polri, perwakilan ASN, siswa-siswi dan mahasiswa, serta perwakilan dari masin-masing instansi/lembaga lainnya. Para pejabat yang hadir diataranya,Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Kolonel Marinir Bambang Adriantoro, Danrem 072/PMK Brigjen TNI Mohammad Zamroni, S.I.P, Wagub AAU Marsma TNI Paminto BP, Kajati DIY,  Dr. Mashyudi, S.H. M.H, Kepala Disdikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, pejabat undangan lainnya serta dihadiri sekitar 1500 orang peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI Polri, aparatur pemerintah, organisasi masyarakat dan kelompok pemuda serta mahasiswa dan pelajar wilayah DIY. (kt1)

Redaktur: Faisal

 


 





Baca Juga