FH USM Selenggarakan Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi


Peserta pelatihan penulisan jurnal internasional bereputasi yang digelar FH USM. Foto:ist

SEMARANG - Fakultas Hukum Universitas Semarang (FH USM) menyelenggarakan pelatihan penulisan jurnal internasional bereputasi di Hotel Gets Semarang, Kamis  (07/11/2019).

Dalam pelatihan yang mengambil tema “Kiat-Kiat Jitu Menembus Jurnal Internasional Bereputasi”, menghadirkan Dani Muhtada, M.Ag., M.P.A., Ph.D, dosen sekaligus editor in chief Journal of Indonesian Legal Studies, Fakultas Hukum UNNES.

Menurut Dani Muhtada, dalam proses penulisan artikel ilmiah yang akan dikirim ke jurnal internasional, salah satu kendalanya adalah penulisan artikel yang harus menggunakan bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mampu menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Namun menurut Dani, kendala bahasa hanya masalah kecil, 

“Karena masalah utama dalam penulisan artikel ada pada kualitas tulisan itu sendiri,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (08/11/2019).

Ia menambahkan, agar dapat menembus jurnal internasional bereputasi, seorang penulis harus mengetahui ruang lingkup tulisannya, kemudian menentukan jurnal apa yang akan dijadikan sasarannya.

Selain memberikan materi mengenai strategi menembus jurnal internasional bereputasi, dalam pelatihan tersebut juga digelar coaching clinic bagi dosen FH USM yang telah mengirimkan artikel untuk diberikan masukan, terkait hal-hal yang harus diperbaiki agar dapat menembus jurnal internasional.

Menurut ketua panitia, Agus Saiful Abib, S.H., M.H., pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel ilmiah dosen FH USM di jurnal internasional, khususnya yang bereputasi,

“Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendorong dosen agar memiliki semangat untuk terus menulis dan mempublikasikannya dalam bentuk jurnal,” ungkapnya. (kt3)

Redaktur: Hamzah

 

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga