Jumat, 20/12/2019 17:11 WIB | Dibaca: 123 kali

Amankan Nataru di Yogyakarta 4426 Perseonel Gabungan Disiagakan


Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Progo 2019 di Markas Polda DIY, Jumat (20/12/2019). Foto:ist

YOGYAKARTA – Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menerjunkan ribuan personel dalam Operasi Lilin Progo 2019 untuk pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Pasukan keamanan tersebut masih diperkuat dengan personel gabungan dari unsur TNI, lembaga pemerintah, serta unsure masyarakat.

Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar mengungkapkan, Kekuatan gabungan total berjumlah 4.426 personil. Polda DIY sendiri menerjunkan 1.701 anggota, dari unsur TNI 462 anggota dan selebihnya adalah dari Dishub, Satpol PP, Jasa Raharja, Damkar, PMI, Pramuka, Dinas Kesehatan, ORARI, Senkom, Basarnas, dan ormas lainnya,

“Supaya masyarakat dapat menjalankan ibadah, merayakan Natal kemudian juga untuk merayakan tahun baru dengan aman kita turunkan banyak personel,” kata Asep seusai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Progo 2019 di Markas Polda DIY, Jumat (20/12/2019).

Asep menjelaskan, ribuan personel ini selama masa operasi yang berlangsung sedari 20-30 Desember 2019 ini ditugaskan untuk menjamin keamanan masyarakat selama berkegiatan di DIY,

“Untuk mengawal atau mengamankan supaya masyarakat dapat menjalankan ibadah merayakan Natal, kemudian juga untuk merayakan Tahun Baru dengan aman,” ujarnya.

Menurutnya, Operasi ini difokuskan untuk mengantisipasi 12 potensi kerawanan sesuai amanat Kapolri Jenderal Idham Azis. Antara lain,kata dia,  aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalin, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, pesta narkoba dan minuman keras.

Operasi Lilin Progo 2019 meliputi pengamanan di tempat-tempat ibadah. Jumlah petugas yang dikerahkan dan bentuk pengamanannya akan sesuai tingkat kerawanannya. Ia mencontohkan misalnyauntuk  gereja besar akan dilakukan pengamanan gabungan dengan instansi terkait.

Dijelaskan Asep, untuk obyek pengamanan jumlahnya sekira 652 titik di seluruh wilayah hukum Polda DIY, 

“Obyeknya macam-macam. Tempat kerawanan kamtibmas, tempat berkumpulnya massa, tempat ibadah, maupun pusat-pusat perbelanjaan, tempat wisata dan lain sebagainya,” pungkas Asep.

Di sisi lain, Apel Gabungan Gelar Pasukan Operasi Lilin Progo 2019 juga dihadiri sejumlah pejabat dari jajaran TNI, diantaranya Danlanal Yogyakarta Lantamal V Kolonel Marinir Bambang Adriantoro.

Bambang menyatakan Lanal Yogyakarta siap berperan aktif dalam Operasi Lilin Progo 2019,

“Semua anggota Lanal Yogyakarta wajib berperan aktif dalam upaya memberikan pengamanan ekstra pada perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di wilayah DIY, sehingga pelaksanaan Operasi Lilin Progo 2019 terlaksana dengan baik dan kondusifitas keamanan dan ketertiban warga masyarakat DIY terjaga dengan baik,” tegasnya. (kt1)

Redaktur:Faisal

 


 





Baca Juga