Jumat, 17/01/2020 15:57 WIB | Dibaca: 193 kali

Taman Wisata Sejarah Salatiga Diresmikan Sekjen Kemenhan


Pencanangan Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) di di Desa Bugel Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Jawa Tengah. Foto:ist

SALATIGA -  Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) di Desa Bugel Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Jawa Tengah diresmikan oleh Sekjen Kemenhan RI Laksdya TNI Agus Setiaji, S.A.P, M.A Rabu (15/01/20).

Walikota Salatiga Yulianto, S.E, M.M dalam sambutannya mengutip pesan Presiden ke 1 RI, Soekarno yang mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, maka Pemkot Salatiga menyambut baik pembangunan TWSS sebagai bentuk penghargaan dan rasa hormat kepada tiga pahlawan dari kota Salatiga yakni Komodor Yos Sudarso, Laksda Udara Adi Sucipto dan Brigjen Sudiarto. Menurutnya, ketiga pahlawan tersebut telah memberikan suri tauladan kepada bangsa Indonesia, 

“Terlebih pada hari ini tanggal 15 Januari 2020, bertepatan dengan peringatan Hari Dharma Samudera untuk mengenang Pertempuran Laut Arafuru dimana pada 15 Januari 1962 Komodor Yos Sudarso gugur dalam membela tanah air,” ujar Walikota Salatiga dikutip dari pers rilis Penerangan LANAL Yogyakarta yang diterima redaksi, Jumat (17/01/2020).

Sementara itu, Sekjen Kemenhan RI Laksdya TNI Agus Setiaji, S.A.P, M.A mengatakan, pembangunan TWSS nantinya akan menjadi icon kota Salatiga yang mempunyai tiga putra daerah terbaik yang menjadi pahlawan nasional. Ia berharap hadirnya TWWS nantinya dapat memberikan pelajaran dan pendidikan patriotisme dan nasionalisme kepada generasi muda penerus bangsa.

Dalam acara ini juga diisi dengan pemberian kenang-kenangan kepada para keluarga para pahlawan dilanjutkan peresmian pencanangan pembangunan TWSS oleh Sekjen Kemhan RI dan pejabat. Patung para pahlawan yang menjadi icon TWWS merupakan karya Maestro Pematung Yusman. Acara juga dimeriahkan atraksi flaypass terjun payung oleh 11 personel Paskhas dengan mengibarkan bendera merah putih dan penampilan Cassa 212 TNI AU.

Hadir dalam acara pencanangan TWWS sejumlah pejabat unsur Kemenhan RI, unsur Mabes TNI antara lain Askomlek Panglima TNI Laksda TNI Lutfi Saifulloh, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Budiyanto, Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E. Supit, Wadanjen Akademi TNI Marsda TNI Sri Pulung D.

Hadir juga unsur pimpinan TNI wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) antara lain Danlanud Adisucipto Marsma TNI Ir. Bob Hendry Panggabean, Danlanal Semarang Kolonel Laut (P) Musleh Yadi, Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro dan Danlanal Tegal Letkol Marinir Ridwan Azis, Dirum Kodiklatal  Laksma TNI Rubiyanto, unsur Forkompinda plus Kota Salatiga serta para hadirin undangan sekitar 600 orang. (pr/kt3)

Redaktur: Hamzah

Berita Terkait

 





Baca Juga