Minggu, 19/01/2020 22:34 WIB | Dibaca: 975 kali

Dua Tokoh Muda Kuat Masuk Bursa Pemilihan Ketua KNPI Banyumas


Dua pemuda kandidat kuat calon Ketua DPD KNPI Banyumas menyerahkan berkas pendaftaran kepada Panitia Seleksi. Foto: ist

PURWOKERTO – Jelang Musyawarah Daaerah (Musda) XIII Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banyumas, sejumlah nama tokoh pemuda sudah mendaftarkan sebagai kandidat ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI  Banyumas masa bakti tahun 2020-2023.

Ketua OC, Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD KNPI Banyumas sekaligus Panitia Seleksi Bakal Calon Ketua KNPI, Sarifudin mengungkapkan, pendaftaran Bakal Calon Ketua DPD KNPI Banyumas sudah dimulai sejak tanggal 12 sampai dengan 18 Januari 2020.

Menurut Syarif, syarat dan ketentuan untuk menjadi calon ketua adalah sebagaimana tertuang dalam rancangan materi Musda XIII. Diantaranya, kata dia,  berusia tidak lebih dari 40 tahun atau belum genap 41 tahun. Kemudian menyampaikan dukungan tertulis minimal 20% dari jumlah peserta Musda XIII  dan minimal rekomendasi 6 OKP dan  menyampaikan daftar riwayat hidup serta surat pernyataan kesanggupan,

“Jadi untuk Musda XIII syarat untuk menjadi Ketua memang cukup selektif, hal ini bertujuan agar ketua KNPI Banyumas ke depan lebih berkualitas dan bisa membawa organisasi KNPI Banyumas lebih baik,” katanya dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Minggu (19/01/2020).

Sementara itu, Diantara bakal calon yang santer bakal maju dalam bursa pemilihan Ketua KNPI dalam Musda, adalah Rachmat Kurniawan dan Gigih Algano , S.H.

Rachmat Kurniawan, atau akrab disapa Awan merupakan tokoh pemuda yang aktif di berbagai organisasi kepemudaan. Antara lain, Wakil Ketua PAC IPNU Kebasen, Ketua Rayon Syariah  PMII Purwokerto, Sekretaris Umum PC PMII Purwokerto, Sekretaris PAC Ansor Kebasen, Ketua PAC Ansor Kecamatan Purwokerto Selatan, Sekretaris BAANAR Kabupaten Banyumas, Wakil Sekretaris PC GP Ansor Banyumas, dan Pengurus KNPI Banyumas.

Tokoh pemuda kelahiran Banyumas, 3 mei 1989 ini juga pernah mengenyam pendidikan tinggi di Politeknik Ma'arif NU Purwokerto, STMIK Tasikmalaya, dan IAINU Kebumen.

Warga Karangpucung RT 4 RW 7 Purwokerto Selatan ini mengusung VISI Mewujudkan Pemuda  Kreatif, Kritis,  Produktif, dan Berkomitmen tinggi terhadap Keutuhan NKRI serta enam Misi. Yaitu, Memperteguh dan menguatkan persatuan OKP dalam wadah KNPI, Mengakomodir dan menfasilitasi kebutuhan Pemuda Banyumas, Pemberdayaan pemuda dalam upaya peningkatan kualitas dan produktifitas di semua sektor, Distribusi kader pemuda dalam setiap event kepemudaan, Optimalisasi peran KNPI dalam masyarakat, dan Membangun sinergitas KNPI dengan semua stakeholder di Kabupaten Banyumas.

Bakal Calon Ketua KNPI Banyumas yang tak kalah dipandang kuat adalah Gigih Algano. Ia merupakan aktivis GMNI yang sarat prestasi. Diantaranya menjadi Anggota terbaik dalam penerimaan anggota baru, Panitia Hari Lahir Pancasila 1 Juni sejak 2011, dan Pembaca teks Pancasila dalam peringatan hari lahir pancasila.

Selain aktif di GMNI, Gigih juga aktif di PEMUDA PANCASILA, menjabat Ketua bidang Siswa Pelajar dan Mahasiswa Eks Officio Ketua SAPMA. Ia juga pernah menjadi Panitia Muscab IV, V, VI Pemuda Pancasila Kabupaten Banyumas.

Alumni FH Unsoed ini juga kerap mengisi pembekalan perkaderan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Diantaranya mengkader anggota di BEM AMIKOM, BEM IT TELKOM, BEM UNSOED. Ia juga aktif dalam kegiatan Advokasi masyarakat , diantaranya selaku Aspirator dan penggerak Dukungan Revisi UU KPK dan Penetapan Pimpinan KPK 2019

Gigih juga tercatat dalam kepengurusan KNPI Banyumas yang pernah menjabat Wakil Ketua KNPI Banyumas. Kiprahnya di KNPI antara lain sebagai Panitia Hari sumpah Pemuda, Delegasi KNPI banyumas, dan Penggerak GSPI.

Gigih juga pernah menjabat PANWASCAM PILKADA 2018 Kecamatan Sokaraja Bid Hukum dan Penindakan, Panwaslucam Pemilu 2019 Kecamatan Sokaraja Bid. Pencegahan dan Penindakan.

Dalam dunia kerja, Gigih menduduki jabatan pada Legal Admin di BPR Tirtadanarta, Koordinator Security DI PT. Bhuwana Eka, Remidial MNC Finance, Fasilitator BSPS dan Paralegal. Dalam dunia advocate, pasca FH UNSOED ia mengikuti PKPA PERADI, UPA PERADI dan Himpunan  Konsultan Hukum Pertambangan Indonesia. (kt3)

Redaktur: Hamzah


 





Baca Juga