Selasa, 23/06/2020 21:56 WIB | Dibaca: 248 kali

Prodi Biologi UGM Terbaik se-Indonesia versi QS WUR 2020


Fakultas Biologi UGM. Foto:ist

YOGYAKARTA - Program studi (prodi) Biologi Fakultas Biologi UGM berhasil meraih posisi pertama versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2021. 

"Fakultas Biologi yang mencatatkan diri sebagai program studi/jurusan Biologi terbaik se-Indonesia dalam rumpun Kedokteran dan Ilmu Hayat versi QS WUR 2021," ungkap Dekan Fakultas Biologi UGM Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, dalam pers rilis yang diterima redaksi, Selasa (23/06/2020)

Sebelumnya, QS telah mengumumkan hasil pemeringkatan universitas dalam QS WUR 2021 yang menempatkan UGM sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan peringkat 254 dunia. Penilaian berdasar enam kriteria, yaitu academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty students-ratio, international faculty, dan international students.

Budi mengatakan Fakultas Biologi yang merupakan Fakultas Biologi pertama dan tertua di tanah air terus berupaya mempertahankan  kualitas dari tahun ke tahun. Dalam beberapa tahun terakhir pihaknya banyak melakukan pengembangan antara lain dengan memperluas kerjasama internasional dengan ANU ((The Australian National University), Murdoch University, dan CDU (Charles Darwin University) Australia. Selain itu juga berhasil menjalin kerjasama dalam pelaksanaan student exchange di UTHM (Universiti Tun Hussein Onn Malaysia), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Yamagata University Japan, dan Gottingen University (Jerman).

“Kita terus berusaha meningkatkan kualitas dan mengembangkan Fakultas Biologi sebagai kampus Biologi terbaik di Indonesia setiap tahunnya, termasuk dengan mengembangkan International Undergraduate Program yang telah direalisasikan tahun lalu” terangnya.

Dia menyebutkan bahwa Fakultas Biologi UGM secara khusus juga menjadi institusi terdepan yang mengelola Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) untuk mengawal isu perlindungan biodiversitas melalui Indonesia Biodiversity Index (IBI)an pelaksanaan SDGs di Indonesia. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga