Klien Pemasyarakatan Mampu Mandiri, Kinerja Bapas Jogja Dapatkan Apreasiasi


Klien Pemasyarakatan Mampu Mandiri, Kinerja Bapas Jogja Dapatkan Apreasiasi, Foto: Bondan

YOGYAKARTA – Kunjungan Kepala Seksi Pengawasan Klien dan  Kepala Seksi Pendampingan dan Diversi Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan pengentasan Anak, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan(Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia  , diterima Kepala Sub Bagian tata Usaha, Ambar Sri Rahayu di dampingi oleh Kepala Seksi Bimbingan Klien Anak, Liana Dwi Puspitasari di ruang pamer Balai Pemasyarakatan(Bapas) Kelas I Yogyakarta, Kamis, (15/10/2020).

Liana menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pendampingan dan pengawasan klien melalui program kelompok masyarakat(pokmas) peduli pemasyarakatan(lipas), sekaligus melihat secara langsung kegiatan Bapas Kelas I Yogyakarta.

“Kegiatan kunjungan kerja oleh Kementerian PPN/Bappenas di Bantul kemarin membuat penasaran beliau berdua, sehingga ingin berkunjung ke Bapas Kelas I Yogyakarta, melihat secara langsung ruang pamer hasil karya klien pemasyarakatan bimbingan Bapas Kelas I Yogyakarta, sebagai bentuk dukungan untuk kegiatan klien” jelasnya.

Kepala Seksi Pengawasan Klien Ditjen Pas, Atiek Meikhurniawati menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan Bapas Kelas I Yogyakarta untuk klien pemasyarakatan dengan mengandeng pokmas yang tepat bisa menjadi contoh untuk Bapas lainnya.

“Kemarin kami meninjau langsung ke lapangan mendampingi tim kementerian PPN/Bappenas dan sungguh sangat terkesan bagaimana klien dalam waktu satu bulan sudah mampu menghasilkan dan hasilnya nampak langsung bisa dipasarkan, dengan kelompok wanita tani suka maju di Bantul, kami sangat mengapresiasi disana pemberdayaan klien sudah berhasil, bahkan mampu berinovasi dengan varian yang lengkap” katanya.

“Tujuan utama kami adalah mengikuti kegiatan Forum Grup Diskusi tentang peran serta pokmas dalam pendampingan dan pengawasan warga binaan pemasyarakatan pada masa pandemi covid-19, dalam forum kemarin pihak kami sangat terkesan dengan testimoni yang disampaikan oleh beberapa pokmas yang telah berperan untuk klien pemasyarakatan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Atiek menyampaikan bahwa koordinasi di Bapas Kelas I Yogyakarta ini sangat baik, antara pokmas dengan instansi terkait juga dengan Aparat Penegak Hukum.

Sementara itu Evi Loliancy Kepala Seksi Pendampingan dan Diversi menambahkan bahwa perhatian dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY sangat luar biasa.

“Dukungan maksimal dari Ibu Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY sehingga Bapas Kelas I Yogyakarta mampu berkoordinasi maksimal dengan pokmas , dan juga ini kali pertama kunjungan kami ke Bapas Kelas I Yogyakarta dengan potensi yang ada dan dalam keterbatasan yang ada mampu bekerja maksimal untuk klien pemasyarakatan, tetap semangat untuk Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Kelas I Yogyakarta, melakukan yang terbaik untuk klien pemasyarakatan,”pungkasnya.(Bon)

Redaktur : Hennyra


 





Baca Juga