Jumat, 10/09/2021 20:10 WIB | Dibaca: 220 kali

Psikoedukasi, Jurus Jitu Bapas Yogya dalam Pembimbingan


Psikoedukasi, Jurus Jitu Bapas Yogya dalam Pembimbingan, Foto: Sta

Yogyakarta - Menyelenggarakan kegiatan bimbingan kepribadian psikoedukasi bagi klien anak dengan tema “Remaja Bahagia, Masa Depan Cerah” dilakukan oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta dengan mengandeng Puskesmas Gondomanan Yogyakarta, Jumat (10/09/2021). Kegiatan yang diselenggarakan di Wisma Tamu Ndalem Pengayoman ini, dihadiri oleh 8 (delapan) orang klien anak Bapas Kelas I Yogyakarta sebagai perwakilan dan 16 kader remaja kesehatan jiwa (Kareja) Puskesmas Gondomanan.

Wine Safitri selaku Kepala SubSeksi Bimbingan Kemasyarakatan Klien Anak (Bimkemas Klinak) sekaligus ketua panitia melaporkan tujuan penyelenggaraan kegiatan yang ditujukan untuk klien anak dalam bimbingan Bapas Kelas I Yogyakarta, dilanjutkan sambutan dari Puskesmas Gondomanan.

Dalam Sambutannya Kepala Puskemas Gondomanan dr. Fajar Meitaharti, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat menunjang tugas dan fungsi puskesmas dalam pelayanan masyarakat.

“Dengan kolaborasi kegiatan ini masing masing instansi dapat mewujudkan tujuan tugas dan fungsi masing-masing yang dapat membantu anak-anak untuk siap dan kembali kemasyarakat seutuhnya,” katanya.

Pelaksana tugas Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Seksi Bimbingan Klien Anak (BKA), Liana Dwi Puspita Sari, memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara psikoedukasi tersebut. “Anak- Anak dalam bimbingan Bapas Kelas I Yogyakarta sampai saat ini keseluruhan ada 20 orang, Kami berharap anak-anak perwakilan sekalian  dapat memetik ilmu yang bermanfaat dan menambah wawasan”, ungkap Liana dalam sambutannya. Kegiatan ini pun mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bapas Yogyakarta, Ambar Sri Rahayu, yang hadir pula dalam kesempatan ini.

Kegiatan inti diawali dengan dinamika kelompok yang dipimpin oleh tim dari Puskesmas Gondomanan. Para peserta diajak untuk mengenal peserta lain dan membangun kerjasama serta melatih jiwa kepemimpinan mereka. Selanjutnya peserta diberikan penjelasan materi mengenai dinamika remaja dan permasalahan yang dihadapi remaja seperti stress, cemas, hingga depresi. Materi tersebut dibawakan oleh Ulfa Noor Laili, M.Psi., Psikolog dari tim Puskesmas Gondomanan. Acara diakhiri dengan refleksi oleh masing-masing peserta yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala Puskemas Gondomanan mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan dan ilmu mengenai kesehatan jiwa kepada klien anak di Bapas Yogyakarta agar nantinya dapat menjadi remaja yang sehat, baik itu sehat secara fisik maupun secara mental. “Harapannya teman-teman setelah mengikuti kegiatan ini dapat mengetahui hal-hal yang baik maupun yang tidak baik bagi kesehatan jiwa sehingga tidak mengulangi perbuatannya lagi.” Tutupnya.(Sta)

Redaktur : Hennyra


 





Baca Juga