Kampanye Pilurdes Dimulai, Waspadai “Money Politic”

BANTUL – Pemilihan Lurah Desa (Pilrudes) yang dilaksanakan di 20 desa se-Bantul memasuki tahap kampanya, Senin (09/12/2013). Total bakal calon (Balon) Lurah Desa yang sudah ditetapkan sebanyak 58 orang.

Kepala Sub Bagian Perangkat Desa Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemkab Bantul, Afif Umhatun memaparkan, dimulainya masa kampanye Pilurdes merupakan awal dari pesta demokrasi rakyat. Untuk itu masyarakat diminta lebih dewasa dalam menyikapi kampanye yang dilakukan balon lurah, kader, maupun simpatisannya.

“Yang sering terjadi adanya money politic, baik berwujud cash maupun barang,” terangnya.
Menurutnya, hal yang pragmatis kadang terjadi di masyarakat sendiri, yaitu dengan meminta kepada balon lurah berupa bantuan.

“Peran tokoh masyarakat yang cerdas sangat dibutuhkan, untuk mengawal masyarakat terutama tingkat grass-road,” imbuhnya.

Pilurdes yang akan dilaksanakan serentak pada 15 Desember mendatang meliputi desa Tirtohargo, Gadingharjo, Srigading, Sriharjo, Muntuk, Canden, Pendowoharjo, Wonokromo, Bawuran, Tamanan, Pleret, Sendangsari, Argodadi, Donotirto.

Sementara di desa Caturharjo, Palbapang, Segoroyoso, Tirtonirmolo, Triwidadi, dan Karangtalun, masing-masing balon lurah akan melawan kotak kosong. (elo)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com