Kesadaran Demokrasi Masyarakat Bantul Meningkat

BANTUL – Pemilihan Lurah Desa (Pilurdes) di Kabupaten Bantul di gelar serentak hari ini, Minggu (15/12/2013). Sebanyak 20 desa yang melangsungkan pesta demokrasi tingkat desa ini.
Menurut pantauan jogjakartanews. com bahwa masyarakat sudah mulai sadar pentingnya demokrasi. Hal ini ditunjukan dengan partisipasi masyarakat dalam Pilurdes.

Di beberapa lokasi yang melakukan Pilurdes, dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang hadir menyumbangkan suara lebih dari 75 persen.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Palbapang, H Dahrowi menerangkan, untuk Pilurdes saat ini masyarakat khususnya Palbapang mengalami banyak peningkatan. Meskipun di Palbapang hanya memiliki calon tunggal, namun masyarakat tetap memberikan hak suara di TPS.

“Menurut data masyarakat yang hadir di TPS sebanyak 7356, dari 10130 DPT,” terangnya.
Sementara itu, Camat Kecamatan Pleret, Slamet Santoso menjelaskan, di kecamatan Pleret yang juga tengah melangsungkan Pilurdes di beberapa desa mendapatkan antusias masyarakat yang cukup bagus.

“Hal ini bisa menjadikan modal pemerintah untuk persiapan Pemilu 2014,” tuturnya.
Santoso juga menghimbau untuk menjaga Pleret tetap kondusif, bagi calon lurah dan para partisipan yang kalah untuk bisa menerima dengan legowo. Sedangkan bagi yang menang hendaknya tidak berlebihan dalam merayakannya. (elo)

Redaktur: Azwar Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com