Polda DIY Siapkan 6000 Personil untuk Pengamanan Pemilu

YOGYAKARTA – Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mempersiapkan proses pengamanan di setiap tahapan Pemilu 2014, dengan menyiapkan 6.000 personel atau 2/3 kekuatan. Pengamanan secara intensif akan difokuskan pada tahapan inti Pemilu 2014 selama sekitar 224 hari.

Kediv Humas Polda DIY AKBP. Anny Puji Astuti menyatakan, tahapan pengamanan Pemilu 2014 di antaranya meliputi masa kampanye, masa tenang serta masa pemungutan suara.

“Saat ini kami terus melakukan komunikasi dengan Komisi Pemilihan Umum mengenai pengamanan logistik hingga tahapan Pemilu,” ujarnya Selasa (04/2).

Disinggung soal potensi kasus pidana pada Pemilu di DIY, hingga saat ini Polda DIY belum menemukan potensi tersebut.

Lebih lanjut ia menambahkan Pelanggaran yang ditemukan masih dalam kategori sederhana, dan belum menemukan sampai kategori pidana maupun politik uang yang juga masih belum ditemukan.

“Sejauh ini pelanggaran yang ditemukan masih kategori sederhana,” jelasnya.

Sementara rata-rata pelanggaran yang dilakukan oleh partai politik masih berupa pelanggaran administratif, yaitu pemasangan alat peraga kampanye di tempat yang dilarang.

Selain itu, terkait penindakan pidana pemilu, pihaknya masih mengoptimalkan koordinasi dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu di daerah setempat. (sig)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.