KPU DIY : Persiapan Pesta Demokrasi 2014 sudah Mencapai 80 Persen

YOGYAKARTA – Mendekati pesta demokrasi 2014 yang berlangsung pada April mendatang, Komisi pemilihan umum propinsi DIY telah mendistribusikan bilik suara di semua kab/kota propinsi DIY.

Komisioner KPU DIY Nur Huri Mustofa menjelaska, pihaknya sudah 80 persen persiapan yang dilakukan untuk menggelar pemilu 2014 di mana bilik suara sudah di distribusikan di seluruh kab/kota sebanyak 8700 bilik suara.

“Kami sudah siap untuk menggelar pesta demokrasi 2014 bahkan surat suara pemilu saat ini sedang dalam proses pencetakan di Solo jawa tengah,” ujarnya Senin (10/2).

Sementara untuk anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di DIY masih dalam proses seleksi di tingkat PPS dimana dalam tahapan itu PPS memilih 7 anggota KPPS yang di tunjuk secara langsung yaitu dari masyarakat serta linmas.

Kelompok Panitia Pemungutan Suara(KPPS) tersebut bertugas sebagai rekapitulasi hasil pemungutan suara di tiap TPS.

Sementara itu persiapan lain Komisi pemilihan umum propinsi DIY yaitu sosialisasi terhadap pemilih pemula di kalangan pelajar dan mahasiswa dengan membentuk Agen Sosialisasi Pemilu dengan beberapa segmen di antaranya berbasis agama, difable, pemilih pemula serta kelompok marginal.

“Kami masih terus melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula dengan membentuk Agen Sosialisasi,” tambah Mustofa.

Sementara daftar pemilih tetap (DPT) hingga saat ini masih dalam proses penyempurnaan lanjutan mengingat masih banyak daftar pemilih tetap yang ganda. Data terakhir KPU DIY mencatat jumlah daftar pemilih tetap (DPT) DIY sebanyak 2,7 juta pemilih dengan jumlah pengurangan dari Januari-Desember 2013 sebanyak 5.633 daftar pemilih tetap (DPT). (war)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.