Karut Marut Pelaksanaan Pemilu 2014 di DIY

YOGYAKARTA – Tak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Pemilu yang diharapkan berjalan lancar, jujur, dan adil seolah berubah menjadi runyam. Pasalnya, pantauan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY, ditemukan banyak kesalahan.

Berdasarkan keterangan para komisioner Bawaslu DIY, hampir di semua wilayah di DIY terjadi kesalahan, dalam hal ini kekurangan dan tertukarnya surat suara. Akan tetapi, Bawaslu DIY belum menyampaikan secara keseluruhan temua di lapangan karena belum tersusun semua.

Melihat laporan tersebut, Ketua Bawaslu DIY, Muhammad Najib mengungkap, pelaksanaan teknis Pemilu yang dilaksanakan tidak sistematis. “Tidak sesuai dengan regulasi yang ada,” ujarnya kepada
wartawan, Rabu (9/4/2014).

Menanggapi laporan tersebut, Divisi Logistik KPU DIY, Guno Tri Cahyoko mengamini ada kejadian tersebut. Pihak KPU DIY yang juga langsung terjun ke lapangan juga menemukan beragam kesalahan, termasuk halnya surat suara yang tertukar.

Guno menilai, kesalahan tersebut terjadi di saat proses pelipatan dan penyortiran. Bisa jadi, lanjut Guno, orang yang melipat hanya mengejar target tanpa memedulikan Dapilnya. “Manusianya yang salah memasukkan berdasarkan Dapilnya,” kata Guno ketika dikonfirmasi di Kantor KPU DIY. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *