Coblosan Ulang, Partisipasi Masyarakat Menurun

GUNUNGKIDUL – Coblosan ulang berpotensi minimnya partisipasi masyarakat untuk kembali menggunakan hak pilihnya.

Pantauan Jogjakartanews.com di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Wareng, dari dibukanya TPS sekitar pukul 07.30 WIB, tidak begitu nampak antusias masyarakat yang mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Padahal di TPS tersebut telah disediakan 432 surat suara untuk DPRD Kabupaten.

Bahkan petugas kepolisian yang bertugas mengamankan berlangsungnya coblosan ulang di TPS Wareng nampak lebih banyak jumlahnya dibanding dengan masyarakat. Meski nampak sepi, para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat masih menunggu masyarakat yang hendak menggukan hak pilihnya hingga pukul 13.00 WIB.

Untuk diketahui, di Gunungkidul ada tujuh TPS yang harus mengulang pencoblosan karena pada Rabu (9/4/2014) lalu mengalami kendala surat suara kurang dan tertukar antar dapil sehingga harus ditunda. Ketujuh TPS tersebut adalah TPS Wareng 02, TPS Siraman 06, TPS Wunung 01, TPS Piyaman 08, TPS Karangrejek 03, TPS Logandeng 14 dan TPS Getas 06.

Divisi Logistik KPU Gunungkidul, Andang Nugroho mengaku jika pemilihan ulang dikhawatirkan terbentur minimnya partisipasi masyarakat. Meski demikian pihaknya tetap optimis pemilihan ulang ini dapat maksimal dan berjalan dengan lancar.

“Bila ada pelanggaran pada pemilihan ulang ini kami harap masyarakat segera melapor, laporan nantinya akan segera ditindak lanjuti,” ungkapnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *