Target Meningkatkan Partisipasi Pemilih di DIY pun Gagal

YOGYAKARTA – Sebelum pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) lalu, KPU DIY menargetkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pileg 2014. Namun yang terjadi tampak tak sesuai rencana. Dari Data sementara yang diterima KPU DIY, Jumlah partisipasi pemilih pada Pileg 9 April lalu tak mencapai target.

“Data yang kami terima kurang dari 75 persen dari total DPT,” kata Komisioner KPU DIY, Farid B. Siswantoro, Sabtu (19/4/2014).

Farid menjelaskan, tingkat partisipasi pemilih di DIY pada Pileg sebelumnya berada di bawah 75 persen. Hal tersebut terjadi karena, lanjut Farid, kurangnya persiapan di tingkat KPU Kabupaten dan Kota. Seperti misalnya pada proses rekruitmen petugas PPS yang dinilai terlalu mepet dengan proses pencoblosan.

Menurutnya, upaya yang dilakukan KPU DIY untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pileg 2014 ini sudah dilakukan. Termasuk dengan membentuk Relawan Demokrasi (Relasi) yang diterjunkan langsung ke masyarakat untuk memberikan sosialisasi dan penyadaran agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

“Namun hal itu belum mendongkrak tingkat partisipasi pemilih pada Pileg 9 April lalu,” katanya. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.