KPU Kota Yogyakarta Tetapkan Daftar Pemilih Sementara Pemutakhiran untuk Pilpres

YOGYAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran (DPSHP) di Pendopo KPU Kota Yogyakarta, Sabtu (17/5/2014). Penetapan tersebut untuk menyongsong pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli nanti.

Berdasarkan data sementara KPU Kota Yogyakarta, daftar pemilih sementara (DPS) sebanyak 307.137 dengan rincian laki-laki sebanyak 147899 dan perempuan sebanyak 159238. Selain itu, ada sebanyak 2598 pemilih pemula.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budianto mengatakan, daftar tersebut naik sekitar 3 ribuan dari DPT Pilpres yang sebelumnya. “Sudah sinkronisasi data. Kalau yang berkurang karena meninggal dunia,,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (17/5/2014).

Wawan menambahkan, informasi mengenai daftar pemilih untuk pemilihan presiden sudah ditempel di tingkat RT maupun RW. Pihaknya menghimbau, jikalau warga DIY belum terdaftar bisa masuk DPS dengan datang ke PPS dengan membawa fotokopi KTP. Untuk warga luar DIY masih menggunakan mekanisme seperti pada pelaksanaan pemilu legislatif lalu.

KPU Kota Yogyakarta juga akan membuat satu Posko DPSHP. Selain itu juga dibuat posko ditingkat kecamatan dan kelurahan. PPK sebanyak 14 posko (kecamatan) dan PPS 45 posko (kelurahan).

Disamping itu akan disediakan pula posko keliling dengan menggunakan 1 mobil yang akan dikeliling ke kampung. Mobil tersebut juga akan di tempatkan di kampus UKDW, UAD UST, dan AKPRIND. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.