Hasil Survey IDM, Jokowi Diunggulkan Simpatisan untuk Pimpin PDIP

JAKARTA – Menjelang perhelatan Kongres PDIP mendatang, Indinesia Development Monitoring (IDM)merilis Hasil Survey jajak pendapat  dikalangan Simpatisan PDIP dengan tema ” Mencari Sosok Ketua Umum PDIP pada Kongres PDIP Mendatang.  Dalam survey tersebut, nama Joko Widodo (Jokowi) yang kini menjabat Presiden RI, paling diunggulkan diantara nama-nama lain yang disodorkan.

Dalam siaran pers yang diterima jogjakartanews.com, Kamis (04/12/2014), Direktur Eksekutive IDM Fahmi Hafel .Sp.Msi mengungkapkan survey dilakukan mulai 25 November samapi dengan 1 Desember 2014.  Jumlah Responden sebanyak 2964 dari kalangan simpatisan PDIP dari seluruh Indonesia dengan Tingkat kepercayaan 95%, dan  Margin Error 1,8 persen.

Beberapa nama yang disodorkan kepada responden antara lain, Puan Maharani, Jokowi, Effendi Simbolon, FX. Hadi Rudyatmo (Wali Kota Solo).

Dalam  Survey, responden diberi dua pertanyaan dengan hasil sebagai berikut :

  1. Apakah PDIP pada kongres mendatang memerlukan tokoh  tokoh Muda untuk memimpin ?
    – yang menjawab Perlu 53%
    – Menjawab Tidak Perlu. 42%
    – Abstain 5 %
  2. Siapakah Kader PDIP  pantas memimpin PDIP pada kongres mendatang ?
    – Puan Maharani 25.4 %
    – Effendi Simbolon 20.1%
    – FX. Hadi Rudyatmo 6.3%
    – Joko Widodo 45.3
    – Lainnya 2.9

Dikatakan Fahmi, berdasarkan hasil survey tersebut IDM menyimpulkan bahwa Simpatisan PDIP menginginkan partai lebih layak dipimpin oleh kader muda, dengan  alasan tantangan ke depan PDIP akan semakin berat karena harus mempertahankan kemenanganya di tahun 2919.

“Joko Widodo mempunyai elektabilitas tertinggi dari para kandidat Ketua Umum yang nama namanta disodorkam dalam jajak pendapat yaitu 45.3 persen dan di susul Puan Maharani yang merupakan trah Sukarno dengan 25.4 persen,” ujarnya.

Menurut Fahmi, ada yang menarik dari jajak pendapat bahwa Effendi Simbolon yang terkenal vokal menempati urutan ketiga dalam tingkat elektabilutas calon Ketum PDIP  yaitu 20.1 persen.

Sementara terkait pilihan mayoritas kepada Jokowi, kata Fahmi, karena salah satunya Jokowi dengan gaya blusukannya  menurut sebagian besar simpatisan PDIP akan memberi dampak positive jika menjadi Ketua Umum PDIP .

“Karena rakyat, khususnya wong cilik akan merasakan kehadiran PDIP di tengah-tengah mereka,” pungkasnya. (pr)

Redaktur: Tarnowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.