Peksos dan Pensos 3 Satker Ikuti Bimbingan Teknis PUSBINJABFUNG

PATI – Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial (Peksos dan Pensos) mengikuti Bimbingan Teknis tahap ke II yang diselenggarakan oleh PUSBINJABFUNG, di PSAA ‘Tunas Bangsa’ Pati, Kamis (11/12/2014). Kegiatan tersebut juga diikuti oleh satker PSMP ‘Antasena’ Magelang, PSAA ‘Tunas Bangsa’ Pati dan PSPA ‘Satria’ Baturaden.

Acara tersebut dibuka oleh kepala PSAA ‘Tunas Bangsa’ Pati, Dra. Vita Kuswarini.

“Bimbingan Teknik ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas dan pengembangan pola pikir Peksos dan Pensos di tiga satker peserta,” tutur Vita dalam sambutannya, dikutip dari pers rilis yang diterima jogjakartanews.com.

Serangkaian acara pelatihan yang diikuti 36 orang peserta Peksos, Pensos dan beberapa kepala seksi ketiga satker tersebut berlangsung dengan santai dan penuh dengan kekerabatan.

Pada sesi pertama pelatihan, fasilitator PUSBINJABFUNG Harry Hikmat meminta para peserta untuk duduk membentuk lingkaran dengan formasi berbagai warna, kemudian meminta salah satu peserta untuk memimpin doa pembukaan acara bimtek dihari pertama. Acara kemudian dilanjutkan ice breaking yang dikreasi dengan gerakan dan nyanyian diikuti seluruh peserta.

Acara yang paling menarik perhatian adalah pada saat acara Roll Play , peserta diwajibkan membawa bahan studi kasus untuk di presentasikan oleh masing – masing satker.

Pada sesi kedua acara semakin menarik yaitu para notulen menyajikan laporan diskusi dengan berbagai cara yang kreatif diantaranya berperan seperti penyiar radio, ada yang menyajikan seperti reportase langsung di Tempat Kejadian Perkara (TKP) ala wartawan televisi.

Kegiatan terakhir diisi dengan evaluasi oleh fasilitator PUSBINJABFUNG lainnya, Dedeh dan refleksi oleh Harry Hikmat, dengan beberapa tambahan materi. Diantaranya, mengenai system kesejahteraan anak, system pengasuhan anak, alternative care, continue care, day care, pelayanan supportive, dan fungsi lembaga kesejahteraan sosial. Acara berakhir pukul 16.30 Wib dan di tutup dengan pembacaan doa dipimpin oleh fasilitator, Harry Hikmat. (pr/kontributor)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.