Musprov KNPI Jateng ke XII Tak Hanya Fokus Soal Pergantian Ketua

KEBUMEN –  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar Musyawarah Provinsi  (Musprov) ke XIII di Hotel Candisari, Kebumen, Sabtu – Minggu  (12-13/12/2014).

Musda dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakilkan kepada  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Budi Santosa. Dalam sambutan tertulisnya Gubernur berharap KNPI Jateng akan terus meningkatkan peran serta kontribusinya kepada bidang kepemudaan di Jawa Tengah.

“Semoga Musprov KNPI Jateng berjalan lancar,” kata Ganjar yang saat ini meninjau lokasi bencana tanah longsor  di Kabupaten Banjarnegara.

Sementara ketua KNPI Jateng periode 2010 – 2014, Hj. Hj.Novita Wijayanti, SE. MM dalam sambutannya mengucapkan kepada peserta yang hadir, terutama panitia penyelenggara Musprov dan DPC Kebumen sebagai tuan rumah.

“Saya berharap Musprov ini hendaknya lebih mengedepankan musyawarah untuk mufakat, sehingga menghasilkan keputusan-keputusan terbaik demi kemajuan KNPI Jateng ke depan, ” harapnya.

Sementara dalam keterangan persnya ketua Stering Comite (SC) Musda KNPI Jateng, Joko Santoso SE, Musda ke XIII diikuti sekitar 100 pemilik hak suara, terdiri dari OKP, KNPI 35 DPC kota/kabupaten se Jateng, dan 75 Organisasi Kepemudaan (OKP), diantaranya dari Pemuda Pancasila (PP).

Selain untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus KNPI periode 2010-2014 di bawah kepemimpinan Hj.Novita Wijayanti, SE. MM, kata Joko, dalam Musda juga akan memilih ketua yang baru. Meski demikian, Bambang menandaskan semangat materi Musprov akan difokuskan pada pola pengembangan organisasi pemuda, pemanfaatan jejaring pemuda dan pola koordinasi pemuda dengan pemerintah.

“Musda akan merumuskan berbagai gagasan untuk pengembangan pemuda Jateng yang lebih kreatif dan inovatif. Musda bukan sekadar seremonial pergantian pengurus, tapi juga sebagai ajang untuk memikirkan kemajuan bidang kepemudaan di Jawa Tengah,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Semarang dari Partai Gerindra ini.

Hal senada dikatakan Ketua Organizing Comite (OC)  Musprov M Rikza Chamami MSi. Ia menjelaskan Musprov akan menjadi forum tertinggi di tingkat provinsi untuk laporan program pemuda, merumuskan program-program pemuda, rekomendasi dan memilih Ketua DPD KNPI Jateng yang baru.

“Semua perwakilan pemuda se-Jateng yang hadir dalam Musda akan berdiskusi untuk memikirkan inovasi bidang kepemudaan dengan semangat kekeluargaan, demi kemajuan pemuda di Jateng” pungkas Rikza yang juga dosen UIN Walisongo Semarang, di sela-sela acara Musprov.

Menurut informasi yang dihimpin jogjakartanews.com, beberapa kandidat calon ketua umum KNPI Jateng yang muncul, namun yang santer beredar hanya dua nama yaitu Bintang Yudha Daneswara dan Nurul Huda  kader AMPI Jateng. (bom)

Redaktur: Syarifudin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.