Danes, Putra Bupati Kendal Pimpin KNPI Jawa Tengah

KEBUMEN –  Bintang Yudha Daneswara, putra bupati Kendal Widya Kandi Susanti, terpilih sebagai ketua umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah (Jateng) Periode 2014-2019 dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) KNPI Jateng ke XIII yang digelar di Hotel Candisari Kebu­men, Sabtu-Minggu (13-14/12/2014).

Danes, sapaan akrab, Bintang Yudha Daneswara menggantikan ketua sebelumnya, Novita Wija­yanti. Ia terpilih secara aklamasi dengan dukungan 79 suara dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI kabupaten/kota dan Organisasi kepemudaan (OKP) yang hadir dalam Musprov KNPI Jateng ke XIII, diantaranya Pemuda Pancasila (PP).

Dalam penyampaian visi misinya di hadapan peserta Musprov, Danes mengatakan akan bertekad memajukan bidang kepemudaan di Jateng dan menjadikan KNPI sebagai organisasi yang mandiri dan professional.

“Visi saya adalah terwujudnya KNPI sebagai wadah pemersatu organisasi kepemudaan yang mampu mengembangkan arah pemuda yang terampil, mandiri, berkarakter dan berprestasi untuk menjadi tauladan bangsa dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 45 dengan perinsip pelayanan dan gotongroyong,” ungkap Danes kepada jogjakartanews.com, usai pelaksanaan Musprov, Minggu (12/14/2014).

Nama Danes sudah tidak adding lagi di kancah organisasi kepemudaan di Jateng. Pemuda kelahiran Semarang, 13 Februari 1988,  putra pasangan dari Hendy Boedoro (mantan Bupati Kendal periode 2001-2005) dan Widya Kandi Susanti (Bupati Kendal) ini telah memiliki segudang pengalaman berorganisasi. Di antaranya Ketua PMI Kabupaten Kendal, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kendal, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kendal, Ketua Persatuan Sepak Bola Kendal (Persik), dan Wakil Ketua KNPI Jateng, Wakil sekretaris IMI Jateng, dan taruna merah putih Jateng, dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

“Dengan pengalaman saya miliki, mudah-mudahan saya bisa menjalankan amanah sebagai ketua KNPI jateng denganbaik,” kata mahasiswa Universitas 17 Agustus (UNTAG) Semarang yang juga anggota DPRD Kabupaten Kendal termuda dari Fraksi PDIP ini.

Dalam menjalankan kepengurusan KNPI Jateng ke depan Danes telah membuat 9 platform misi sebagai acuan program kerja, yaitu:

  1. Menyatukan pemuda Jateng dg prog partisipasi yg berasaskan kebersamaan tanpa diskriminasi.
  2. Mendorong pemuda jateng lewat organisasi kepemudaan dan DPD KNPI kota/kab dg kegiatan-kegiatan yg mengarah pada keterampilan dan kemandirian,
  3. Menjaga amanah perjuangan kepemudaan dengan sikap patriotik melalui bela negara.
  4. Mengembangkan kemampuan pemuda dengan kreatifitas dan produktifitas sehingga memiliki daya saing dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.
  5. Meneguhkan eksistensi kepemudaan yang memiliki semangat kejuangan, kesukarelaan, dan tanggungjawab dalam mengawal pembangunan bangsa.
  6. Membangun kaderisasi kepemudaan melalui organisasi aktif dan partisipatif dalam membangun dirinya, masyarakat, dan negara.
  7. Mewujudkan generasi muda yg inovatif dan kreatif melalui kewirausahaan dalam mewujudkan pelaku ekonomi yang mandiri, ulet, dan memiliki kepedulian terhadap sesama.
  8. Mendarmabhaktikan otoritas kepemudaan melalui keanekaragaman suku,budaya, etnis dan keyakinan berdasarkan bhineka tunggal ika.
  9. Menjalin silaturahmi dan persaudaraan dalam semangat persatuan indonesia melalui kerjasama dengan pemerintah dan semua elemen masyarakat yang berorientasi pada pengembangan kader muda.

“Diharapkan dengan menjalankan 9 platform tersebut, KNPI Jateng akan mampu memberikan kontribusi positif untuk turut menyelesaikan problem bangsa saat ini. Sebab, peran serta pemuda dalam pembangunan bangsa adalah sangat penting,” pungkasnya. (bom/kontributor)

Redaktur: Syarifudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.