Pemkab Banyumas Didorong Lakukan Percepatan Implementasi UU Desa

PURWOKERTO – Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentag desa (UU Desa) yang salah satunya meperbolehkan desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), menjadi salah satu upaya pemerintah menghadapi persaingan global Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dimulai 2015 ini. Namun belum banyak desa-desa, khususnya di Banyumas yang sudah siap mengimplementasikan UU Desa dan mendirikan BUMDes.

“Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Banyumas perlu segera melakukan percepatan terbentuknya BUMDes yang memproduksi kebutuhan yang berdaya saing tinggi dan memenuhi kebutuhan masyarakat, setidaknya di desa. Hal ini tentu agar masyarakat semakin siap dalam menghadapi persaingan MEA,” kata Fungsionaris Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI)Departemen Kewirausahaan, Aristianto Zamzamidalam stadium general sekaligus pelantikan pengurus HMI Cabang Purwokerto Periode 2014-2015 di Pendopo Wakil Bupati Banyumas, Sabtu (17/01/2014) siang kemarin.

Selain itu, menurut aktivis yang akrab disapa, Zami ini, peran HMI dalam era liberalisasi ekonomi yang perlu ditingkatkan adalah mendorong terciptanya wirausahawan-wirausahawan baru yang bisa menciptakan produk dan jasa berdaya saing tinggi.

Lebih lanjut dikatakan Zami, liberalisasi ekonomi selalu akan menguntungkan perusahaan-perusahaan dari Negara-negara yang lebih maju karena baik secara modal, SDM (Sumber Daya Manusia) lebih siap. Perusahaan asing bermodal besar cenderung bisa memonopoli pasar.

“Jadi jika masyarakat Indonesia tidak bisa menciptakan produk dan jasa yang berdaya saing, bisa-bisa Indonesia hanya menjadi pasar atau konsumen saja. Jika yang terjadi demikian, maka Negara akan kehilangan perannya dalam membangun perekonomian bangsa yang mandiri. Tentu ini sangat berbahaya,” tukas Zami yang juga Direktur PT. Karya Buana Nusantara sekaligus Direktur PT Media Wartatama Bedikari ini.

“Namun selain itu, HMI harus tetap kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak pro kemandirian ekonomi demi menjaga kedaulatan bangsa. Sebab kedaulatan ekonomi juga merupakan bagian dari kedaulatan bangsa,” pungkasnya mahasiswa pasca sarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini

Sekadar informasi, Ketua Umum (Ketum) HMI Cabang Purwokerto Periode 2014-2015 dijabat oleh Siti Iskarimah mahasiswi IAIN Purwokerto dan Sekretaris Umum (Sekum) dijabat oleh Aef Nadi Setiawan (Mahasiswa UNSOED Purwokerto).

Pelantikan pengurus HMI Cabang Purwokerto Periode 2014-2015 dihadiri oleh puluhan kader HMI dari berbagai perguruan tinggi yang tersebar di wilayah Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbaingga dan Banjarnegara. Selain itu hadir pula Pejabat Pemkab Banyumas, Alumni serta Ormas kepemudaan di wilayah Kabupaten Banyumas. (bom)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.