Muslim Aid Fasilitasi Pembangunan Sumur Bersama Untuk Warga Wonogiri yang Kesulitan Air

WONOGIRI – Masyarakat desa di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, masih kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk mengatasi hal tersebut masyarakat yang difasilitasi Muslim Aid Indonesia, bekerjasama membangun sumur dan pemasangan pipa  ke rumah-rumah warga.

“Kini , setidaknya, ribuan warga di Kecamatan tersebut,  merasa tak lagi risau mendapatkan air bersih. Air bersih sudah tersuplai dengan baik ke 217 keluarga. Sebelum kerjasama ini dilaksanakan, banyak warga harus membeli air bersih dari water tank yang diambil dari kecamatan lain pada musim kemarau. Ada dari mereka yang memiliki sumur, tapi hanya sedikit air yang bisa diambil,” ujar Suharti, Koordinator Muslim Aid Yogyakarta, dalam keterangan pers yang diterima jogjakartanews.com Jumat (13/2/2015).

Dijelaskan Suharti, dalam pengerjaannya, warga dibantu dengan teknisi, menggali sumur hingga kedalaman 60 meter demi mendapatkan air. Mereka juga turut membangun menara air, hingga menginstalasi pipa yang berguna mendistribusikan air ke rumah-rumah warga yang membutuhkan air.

“ Instalasi telah selesai. Ini terdiri dari pompa submersible dalam sumur bor, panel listrik, pembangunan rumah panel, konstruksi tangki air, generator dengan kapasitas 15 kw, pipa utama dan instalasi pipa distribusi air, serta meteran air. Finalisasi kegiatan ini memungkinkan masyarakat di 4 dusun dapat mengakses air bersih dan aman,” Kata Suharti.

Demi memastikan pendistribusian air berjalan dengan baik, kata dia, program pemantauan tetap dilakukan. Namun demikian, Suharti berharap  pemerintah setempat bisa meneruskan program air bersih bagi warga Kecamatan Paranggupito, Jawa Tengah ini secara berkelanjutan.

 “Saya berharap Pemerintah Desa dan Kabupaten bisa meneruskan program ini . Dan juga bisa bermanfaat bagi warga di Kecamatan Paranggupito,” tandas Suharti. (pr/mai)

Redakur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.