Tolak Intervensi Asing, Pemuda Pancasila Banyumas Bakar Bendera Australia dan Kanguru

BANYUMAS – Puluhan Anggota Pemuda Pancasila (PP) MPC Kabupaten Banyumas menggelar aksi tolak intervensi asing dan ganyang Australia, di depan kantor DPRD Banyumas, Senin, 02/03/2015. Massa PP yang sebelumnya menggalang koin untuk Australia juga membakar bendera Australia dan replika Kanguru, binatang endemis Australia.

Menurut Ketua MPC Banyumas, Yudo F Sudiro, SH.MH, aksi yang dilakukan merupakan salah satu bentuk komitmen PP MPC Banyumas untuk menjaga kewibawaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari intervensi asing.

Dikatakan Yudo F Sudiro, pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang mengaitkan bantuan yang diberikan terhadap korban Tsunami Aceh dengan rencana eksekusi mati dua warganya Chan dan Sukumaran yang menjadi terpidana kasus Narkoba oleh Pemerintah Indonesia, adalah intervensi sekaligus penghinaan.

“Pernyataan Perdana Menteri Australia tak hanya itu menunjukan sikap arogan, seolah bangsa kita adalah bangsa yang lemah dan mudah dibeli. Terpidana kasus narkoba Australia sudah seharusnya dieksekusi karena telah merusak generasi bangsa,” ungkap tokoh pemuda Banyumas yang akrab disapa Iteng ini, dalam orasinya.

Setelah menggelar mimbar bebas, Massa PP kemudian melakukan audiensi dengan sejumlah pimpinan DPRD Banyumas, dan wakil Bupati Banyumas (Wabub), dr Budhi Setiawan, di ruang paripurna DPRD Banyumas. Dalam kesempatan tersebut PP MPC Banyumas sebagai generasi penerus perjuangan bangsa Indonesia menyatakan lima point pernyataan sikapnya.

Pertama siap berjuang mempertahankan kewibawaan, keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kedua, bertekad bulat melestarikan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa dan Negara Indonesia. Ketiga, menolak segala bentuk ideologi, paham organisasi, dan gerakan apapun yang akan merongrong ideologi Pancasila dan kedaulatan NKRI. Keempat Mendukung kepemimpinan nasional dengan tetap bersikap independen dan kritis. Kelima, menolak segala bentuk intervensi Negara asing terhadap kedaulatan NKRI.

Pernyataan sikap tersebut juga ditembuskan kepada Ketua MPN PP, Ketua MPW PP Jawa Tengah, Bupati Banyumas lewat Bakesbang Polinmas, Ketua DPRD Banyumas, Komandan Kodim (Dandim) 0701 Wijayakusuma Banyumas, dan Kapolres Banyumas.

“Kami dengan tegas menolak intervensi asing dan kami dukung pemnerantasan narkoba,” tegas iteng.

Sementara dalam kesempatan tersebut Wabub Banyumas, juga menyatakan dukungannya terhadap sikap PP MPC Banyumas. Menurutnya sikap tersebut menunjukkan jiwa dan semangat nasionalisme pemuda.

“Kami mendukung sikap PP MPC Banyumas untuk menegakkan kedaulatan NKRI dan Mempertahankan Pancasila. Itulah kewajiban generasi muda, jangan sampai semangat itu luntur,” ungkap Budhi Setiawan.

Sekadar informasi, aksi PP MPC Banyumas dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Aksi berlangsung tertib dengan pengawalan petugas Polres Kabupaten Banyumas. Setelah melakukan audiensi dengan Pimpinan DPRD Banyumas dan Wabub, masa PP MPC Banyumas kembali ke markasnya dengan tertib. (bom)

Redaktur: Syarifudin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.