Selain Sate, Ini Kuliner Khas Madura yang Menggoda Selera

SUMENEP – Sebagian besar masyarakat di Indonesia mungkin tak banyak mengenal apa saja kuliner khas madura selain hanya sate yang sudah ‘terlanjur’ terkenal. Sedikitnya orang madura yang memperkenalkan dan membawa kuliner selain sate menjadi faktor utama mengapa menu lain tak banyak dikenal oleh kalangan masyarakat luas. Padahal, di Madura banyak sekali aneka kuliner khas yang rasanya begitu nendang dan menggoda. Contohnya, Soto Madura dan Kaldu Kokot.

Uniknya, kedua kuliner tersebut rupanya masih punya hubungan ‘sedarah’ dengan sate meskipun bahan-bahan utamanya begitu berbeda, kok gitu? Benar saja, kedua kuliner tersebut sama-sama mengandalkan sambal kacang sebagai pelengkapnya. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya.

Soto Madura

Anda mungkin sudah sering mencoba soto berlabel “soto madura” di warung-warung makan di pinggir-pinggir jalan kota-kota di luar madura. Tapi, benarkah anda telah mencoba soto madura yang asli? karena biasanya soto berlabel “soto madura” di pinggir jalan kebanyakan mengadopsi soto lamongan, menggunakan serbuk koya dengan warna kuah kekuningan dan menggunakan nasi. Itu bisa dipastikan bukan soto madura, melainkan soto lamongan, atau barangkali ‘perkawinan’ keduanya.

Soto Madura yang asli memiliki warna kuah sedikit gelap dan menggunakan lontong disertai bawang daun goreng, toge goreng dan juga sambal kacang. Sehingga anda yang terbiasa makan soto seperti soto lamongan ataupun soto kebanyakan di daerah Jawa tak merasa seperti memakan soto ketika menyantap soto madura. Sensinya jelas berbeda, dan rasanya tentu istimewa. Sayangnya, kebanyakan orang madura pesimis membawa bendera soto madura dalam menu kulinernya. Alasan utamanya, menu soto madura dianggap tidak cocok dengan lidah orang-orang luar madura. Padahal, sejatinya tak ada kuliner yang tidak cocok, tergantung siapa yang makan dan siapa yang menilai. Toh orang-orang madura juga suka soto di Jawa meski memiliki versi dan selera yang berbeda.

Kaldu Kokot

Satu lagi kuliner yang tidak banyak orang tahu, Kaldu Kokot Madura. Mendengar namaya, ada mungkin merasa asing namun mungkin juga sedikit menduga-duga kata “kaldu” diartikan sebagai kuah hasil rebusan ayam, jika begitu, anda salah. Kaldu di madura merupakan masakan yang terbuat dari kacang ijo, mirip bubur kacang ijo tapi warnanya kecoklatan dan tidak menggunakan santan ataupun ketan hitam sebagai pelengkapnya, melainkan (biasanya) Kokot dan sambal kacang.

Kokot sendiri merupakan sebutan untuk tulang sumsum kaki sapi. Orang-orang madura sangat senang memakan Kaldu dengan kokot. Banyak orang di luar madura merasa heran kok bubur kacang ijo dimakan dengan daging sapi, apalagi kokot? tapi, lagi-lagi ini bukan bubur kacang ijo, melainkan Kaldu, kuliner khas madura. Sayangnya, sama seperti pada soto, orang madura kebanyakan pesimis membawa bendera kuliner Kaldu Kokot dan lebih memilih sate karena sudah dianggap terbukti sukses. Padahal rasa Kaldu Kokot begitu istimewa, dan tentunya anda tidak akan pernah menemukan olahan masakan seperti ini di belahan dunia lainnya, kecuali di madura.

Penasaran? ada baiknya jika anda berkunjung ke madura, sempatkan diri untuk mencari Kaldu Kokot maupun soto madura. Biar anda tau persis bagaimana sensasi kuliner madura bisa membuat goyang lidah anda semakin istimewa. (Bah)

Redaktur: Syarifuddin

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.