Dalam Kehidupan Sosial dan Budaya TNI dan Rakyat Ibarat Ikan dan Air

YOGYAKARTA – Hubungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan rakyat, ibarat ikan dan air. Ikan tidak bisa hidup tanpa air, sama seperti rakyat yang selama ini mengandung, merawat, dan membesarkan TNI. Ungkapan yang disampaiakan Presiden RI, Joko Widodo dalam pidato sambutan upacara HUT TNI Ke 70, pada 5 Oktober yang lalu tersebut, memang kenyataan.

Bersatunya TNI dengan rakyat bukan hanya terrcermin dalam kehidupan sosialnya saja, namun juga dalam budaya. TNI sangat menghargai budaya Indonesia di setiap daerah. Hal itu terbukti ketika dalam puncak peringatan HUT TNI Ke 70 yang lalu, Jajaran Korem 072/Pamungkas mementaskan    tarian Menoreh, tarian khas Kulonprogo, DIY.

“Iya, Seusai Upacara di lanjutkan acara tambahan, selain pementasan sosio drama perjuangan Panglima Jenderal Soedirman, juga pertunjukan Tarian Menoreh dari Kabupaten Kulonprogo. Ini sebagai wijud TNI menyatu dengan rakyat sekaligus kebudayaannya,” kata kepala Penerangan Korem 072/Pmk, Mayor. Inf. Munasik,  dalam keterangan pers yang diterima redaksi jogjakartanews.com, Rabu (07/10/2015).

Sekadar informasi Korem 072/Pamungkas menggelar upacara peringatan HUT ke-70 TNI di Lapangan Pengasih Kulonprogo, Yogyakarta Senin (05/10/2015) pagi. Upacara peringatan ini dihadiri sekitar ribuan peserta dari TNI, Polri, PNS, ormas, dan masyarakat. Dalam kesempatan ini Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X ditunjuk sebagai inspektur upacara.

Dalam pidatonya yang merupakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Sri Sultan mengatakan, sebagai kekuatan militer yang hebat TNI harus memiliki daya juang dan semangat pantang menyerah, mandiri dan berkepribadian. Dikatakannya, TNI juga harus bisa berdiri tegak di semua golongan untuk mempersatukan ras, suku, agama.

Dalam peringatan ini hadir pula Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Wagub AAU, Kapolda DIY, Danlanal Yogyakarta, Bupati Kulonprogo  dan sejumlah pejabat pemerintahan lainnya. (pr)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.