Tingkatkan Kunjungan Wisata, Taman Pintar Buka Wahana Baru

YOGYAKARTA – Taman Pintar Yogyakarta mengembangkan wahana baru, berupa peluncuran Zona Kebaikan Air, Senin (08/04/2019).

Zona yang terletak di lantai 2 Gedung Kotak Taman Pintar tersebut merupakan pembaruan dari Zona Air sebelumnya yang sudah dibuat pada 2013.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Yogyakarta, Kadri Renggono mengatakan, Zona Kebaikan Air dibuat semakin interaktif dengan dilengkapi berbagai area edukasi. Seperti area edukasi Pijar (pilih, jaga dan rawat) yang memberikan pengetahuan menjaga kualitas dan kuantitas air, area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air dab air tanah dalam, area edukasi sumber air.

Selain itu, menurut Kadri, ada juga area gerakan Ayo Minum Air dan edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh, serta area edukasi #BijakBerplastik dalam mengelola plastik secara bijak.

“Zona Kebaikan Air dapat memberikan edukasi kepada anak-anak. Tak hanya kebaikan air dan pentingnya pemenuhan hidrasi sehat, tapi mampu memberikan edukasi pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah plastik secara bijak,” kata Kadri, usai peluncuran.

Dijelaskan Kadri, wahana edukasi Taman Pintar dengan berbagai zona di dalamnya, terus melakukan pengembangan teknologi dan pembaruan agar menyenangkan, mendidik dan tidak membosankan. Ia optimis kunjungan wisatawan tahun ini meningkat. Jika tahun lalu bisa menembus satu juta orang, kaya dia, tahun ini optimis bisa lebih meningkat,

“Kami optimis kunjungan wisata ke Taman Pintar terus meningkat. Taman Pintar menjadi salah satu destinasi wisata anak, keluarga dan wisata edukasi populer di Indonesia bahkan di Asia Tenggara,” tegasnya.

Dia mengapresiasi upaya pembaruan yang dilakukan oleh Danone-Aqua di Zona Kebaikan Air ini,

“Pengembangan wahana ini memberikan pengetahuan dan cara yang menarik tentang pentingnya air untuk kebaikan hidup. Zona ini mengajarkan sejak dini tanggung jawab untuk pengelolaan sampah plastik,” imbuhnya.

Sementara itu, Marketing Manager PT. Tirta Investama (Danone-Aqua), Jeffri Ricardo mengatakan, Taman Pintar merupakan tempat strategis memberikan edukasi sekaligus mendorong gaya hidup sehat,

“Pemenuhan hidrasi sehat, serta pentingnya menjaga kesehatan lingkungan kepada anak-anak sejak usia dini,” katanya.

Taman Pintar dan Danone-Aqua, kata dia, perlu terus berkolaborasi secara berkelanjutan dalam menyediakan zona yang dapat mengedukasi anak-anak dan masyarakat 

“Kita terus mendorong kebiasaan minum air guna membantu meningkatkan taraf kesehatan di Indonesia,” imbuhnya.

Sedangkan Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-Aqua), dr. Tria Rosemiarti mengatakan, dalam Zona Kebaikan Air terbaru ini, menyediakan modul-modul tentang program gerakan Ayo Minum Air.

Menurut Tria, program ini merupakan kerjasama Indonesian Hydration Working Group-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Danone-Aqua, yang didukung Kementerian Kesehatan RI. Program ini meningkatkan kesadaran akan hidrasi sehat yang dapat membantu perubahan perilaku hidup sehat,

“Dengan pesan kunci anak membutuhkan enam gelas air dalam seharinya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dia menjelaskan, air memiliki banyak manfaat kebaikan untuk hidup sehat. Air merupakan bagian dari nutrisi yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, “Mengingat tubuh terdiri dari 60 persen air. Jadi pemahaman pentingnya status hidrasi pada anak dapat menjadi investasi terbaik untuk generasi yang lebih sehat,” jelasnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com