Biaya Sendiri, Ratusan Pelajar Bersiap Ikuti Kemah Pancasila 3 Hari di Tebing Breksi

YOGYAKARTA – Sebanyak 350 orang pelajar Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) dari 30 kota se Indonesia telah bersiap mengikuti acara Kemah Pancasila Pelajar Infonesia (KPPI) yang akan digelar selama 3 hari (13 – 15/12/ 2019) di Watu Tapak Camp Hill Tebing Breksi Prambanan Sleman. Dalam kegiatan tersebut, para pelajar akan digembleng dengan beragam materi bermuatan nilai-nilai Pancasila dengan metode edukasi menarik, 

“Antusias kalangan pelajar  mengikuti acara KPPI patut diacungi jempol. Pasalnya mereka berangkat dengan biaya mandiri. Kamis petang (12/9) terpantau  para peserta luar kota mulai menuju Yogyakarta menggunakan  kereta api maupun bus umum,” kata Ketua panitia KPPI2019, Widihasto Wasana Putra dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Kamis (12/12/2019).

Salah satu peserta Siti Intan Yassa’adah, siswi MAN 1 Bekasi mengaku berangkat bersama tiga siswa lain dan satu pendamping naik bus. Siti mengatakan telah mempersiapkan diri secara khusus mengikuti KPPI,

“Saya berharap mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat untuk ditularkan di sekolah. Harapannya juga acaranya berlangsung meriah dan menyenangkan,” harapnya.

Hasto menjelaskan, KPPI terselenggara atas kerjasama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP dengan Komunitas Rejomulia didukung Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Dikpora DIY. 

Menurutnya Tujuan KPPI ada tiga. Pertama menanamkan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar SMA/SMK Indonesia. Segmen pelajar SMA/SMK dipilih karena merupakan calon-calon generasi pemimpin bangsa yang perlu diperkuat perspektif ideologisnya. Harapannya kedepan mereka memiliki sikap politik yang inklusif. 

Kedua sebagai upaya  membangun jejaring di kalangan pelajar Indonesia sehingga tercipta relasi sosial berkelanjutan gerakan implementasi nilai-nilai Pancasila. 

Ketiga mempersiapkan generasi baru kader penggerak Pancasila untuk menopang keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melanjutkan tugas-tugas serta tanggungjawab kebangsaan lainnya.

“Konten acara KPPI dikonsep secara Edu-Fun dengan memadukan berbagai metode permainan,  ketrampilan, dinamika kelompok serta apresiasi seni yang mengasah afeksi dan kognisi peserta. Muatan materi meliputi Pancasila, kebangsaan, kepemimpinan, kemanusiaan, sosial masyarakat, lingkungan alam, psikologi, kebudayaan, sosial media dan keorganisasian,” katanya 

Pembukaan acara KPPI rencana digelar Jumat 13 Desember 2019 pukul 13.30 – 15.00 di Pendopo Balkondes Tebing Breksi. Rencana acara akan dibuka oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam X dimeriahkan penampilan tarian adat Nusantara, penyanyi sekaligus penggiat gerakan Pancasila Livy Laurens dan atraksi bregada pelajar SMK Negeri 3 Kota Yogyakarta.(pr/kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.