Kutip Pidato Bung Karno, Sri Sultan Berpesan Agar Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Akomodir Program Kandidat Lain

YOGYAKARTA – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X secara resmi melantik Tiga pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Jumat (26/02/2021) di Bangsal Kepatihan kompleks Kantor Gubernur DIY.

Ketiga Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik adalah Bupati dan Wakil Bupati Sleman terpilih, Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa. Bupati dan Wakil Bupati Bantul terpilih Abdul Halim Muslih-Joko B Purnomo. Kemudian, Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul terpilih Sunaryanta dan Heri Susanto.

Dalam sambutannya, Sri Sultan memberikan pesan khusus kepada ketiga Bupati dan Wakil Bupati terlantik agar bersinergi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan menjalin komunikasi dengan kandidat yang lain,

“Bupati harus menjadikan Forkominda ikatan colective leadership yang berkualitas negarawan. Selain itu membuka dialog personal dengan kandidat lain utk mengadopsi dan mengadaptasi program-programnya yang mungkin bermanfaat bagi segenap masyarakat,” tuturnya.

Sri Sultan juga berpesan agar penggunaan simpul-simpul budaya dan pendayagunaan simpul-simpul komukikasi secara kreatif perlu lebih dikembangkan,

“Dengan demikian sekaligus menghilangkan sekat-sekat sosial guna memperkuat kembali kohesi sosial dengan merapikan ‘kursi-kursi’ yang berantakan dan ‘sampah sampah’ berserakan pada pesta demokrasi usai,” katanya.

Dalam sambutannya Sri Sultan mengutip pesan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno (Bung Karno) terkait pentingnya menjaga keutuhan bangsa,

“Dalam konteks kekinian, ada baiknya kita merefleksi pidato Bung Karno 17 agustus 1954, yang mengingatkan janganlah pemilihan umum menjadi arena pertempuran politik demikian rupa hingga membahayakan keutuhan bangsa,” kutipnya.

“Saya juga berharap agar semua elemen pemerintahan dan masyarakat membantu Bupati maupun Wakil Bupati dalam melaksanakan agenda pembanguan, sehingga partisipasi dan kerjasama sinergis itu memberi jaminan rasa aman dan nyaman bagi seluruh rakyatnya,” harap Sri Sultan.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada 2020 DIY dilangsungkan dengan protokol kesehatan. Pelantikan hanya dihadiri 25 undangan meliputi pasangan Bupati-Wabup terpilih beserta pendamping, gubernur DIY selaku pimpinan daerah yang melantik dan tamu undangan.

Pembatasan jumlah peserta ini berdasarkan anjuran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang disampaikan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) dalam rapat online dengan daerah penyelenggara Pemilu 2020, Rabu (24/2/2021). Pelantikan juga disiarkan secara live streaming. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.