Budaya  

Hadiri Tapem Srawung Kalurahan, KPH Yudanegara Minta Masyarakat Giatkan Kembali Seni Budaya

BANTUL – Kepala Bagian Bina Pemerintahan Kalurahan/Kelurahan dan Kapanewon/Kemantren pada Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, KPH. H. Yudanegara., Ph.D. menghadiri Kegiatan ‘Tapem Srawung Kalurahan’ pada hari Minggu (11/04/2021) di Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul.

Yudanegara mengatakan, tujuan kegiatan ‘Tapem Srawung Kalurahan’ adalah untuk menjaring aspirasi dari Pemerintah Kalurahan dan masyarakat, sekaligus pelaksanaan tugas fungsi Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan yang menjadi kewenangan Biro Tata Pemerintahan Setda DIY.

Menurutnya, permasalahan yang disampaikan oleh para Lurah dan warga masyarakat di Kapanewon Pajangan secara umum mengenai rencana pengembangan kawasan wisata Kampung Mataraman di Guwosari, yang salah satunya terkendala perihal penggunaan Tanah SG, kemudian Sosialisasi Pergub DIY 100/2020 tentang BKK Dana Keistimewaan ke Kalurahan yang masih kurang dipahami Lurah, lalu banyaknya warga masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19, serta jaringan internet di Kalurahan.

Menanggapi aspirasi tersebut, Yudanegara menyampaikan bahwa Lurah harus menjaga keberadaan Tanah SG/PAG di wilayah Kalurahan masing-masing,

“Posisi Lurah setelah dikukuhkan sebagai pemangku Keistimewaan oleh Bapak Gubernur DIY kuat dalam menjaga keberadaan tanah-tanah tersebut. Segala pemanfaatan Tanah SG/PAG harus mengikuti prosedur sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Ia juga meminta kepada para Lurah agar menggiatkan kembali aktivitas-aktivitas seni, budaya, dan tradisi masyarakat sebagai upaya untuk mewujudkan keseimbangan hubungan antara manusia – bumI – alam semesta atau “Manunggaling Kawula lan Gusti”,

“Keseimbangan tersebut menjadi kunci pengembangan kebudayaan, yang dikemas sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan sekaligus mengamalkan falsafah Hamemayu Hayuning Bawana,” imbuh Yudanegara.

Tapem Srawung Kalurahan juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo DIY, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, serta Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY, serta Wakil Bupati Bantul. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.