Peringatan Hari HAM Sedunia, Bapas Klaten Raih Predikat Terbaik dalam Pelayanan Publik Berbasis HAM


Peringatan Hari HAM Sedunia, Bapas Klaten Raih Predikat Terbaik dalam Pelayanan Publik Berbasis HAM, Foto: Ratih

Klaten - Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Klaten, Jawa Tengah, Eko Bekti Susanto beserta jajaran mengikuti Peringatan Hari HAM Sedunia ke 73 yang terpusat di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI  secara virtual, Jumat(10/12/2021). Peringatan Hari HAM Sedunia tahun 2021 kali ini mengusung tema kesederajatan atau kesetaraan (equality).

Peringatan disahkannya Deklarasi Universal HAM (World Human Rights Day) pada 10 Desember 1948 senantiasa mempunyai relevansi dengan berbagai persoalan yang dihadapi segenap umat manusia saat ini, bahkan di masa mendatang. Tema Hari HAM yang dipilih oleh PBB tahun ini merefleksikan kondisi seluruh dunia yang terdampak pandemi Covid-19.

Kesenjangan merupakan imbas nyata yang dirasakan oleh masyarakat di dunia, tidak terkecuali di tanah air. Selain itu, kesetaraan dan kesederajatan telah mengangkat konsep HAM sebagai kesempatan untuk memastikan setiap anggota masyarakat sebagai subjek untuk diberikan hak yang setara

Melalui peringatan Hari HAM Sedunia tahun 2021, diharapkan akan menjadi momentum membangun kembali, sekaligus lebih memperkuat solidaritas sosial masyarakat dan solidaritas global

Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia ,  H.Yasonna Laoly mengatakan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM(Kemenkumham) konsisten mendorong pelaksanaan program pemajuan HAM, terutama pemenuhan kebutuhan dasar dan pelayanan masyarakat yang sesuai standar dan norma HAM.

Kemenkumham tetap melaksanakan berbagai program pemajuan HAM, seperti pemberian penghargaan atas prestasi dan capaiannya dlm bidang pelayanan publik hingga pelaksanaan kewajiban internasional di bidang HAM

Pada peringatan Hari HAM tahun ini, Kemenkumham memberikan ratusan penghargaan atas capaian dalam Pelayanan Publik berbasis HAM (P2HAM) kepada satuan kerja di internal Kemenkumham, juga kepada pemerintah daerah.Bapas Kelas II Klaten merupakan salah satu Unit Pelaksanaan Tekhnis yang mendapatkan penghargaan P2HAM dengan nilai "Terbaik"

Melalui momentum peringatan Hari HAM ini diharapkan dapat membangun kembali pemajuan HAM demi menghapus kesenjangan dengan memperkuat sinergi, kolaborasi, dan solidaritas global.

Ditemui setelah mengikuti kegiatan, Eko Bekti Susanto, menyampaikan rasa bahagia dan ungkapan terima kasih kepada semua pihak khususnya seluruh keluarga besar Bapas Kelas II Klaten yang telah melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM dengan maksimal. "Rasa Bahagia dan ungkapan terimakasih kepada seluruh keluarga besar Bapas Kelas II Klaten atas usaha dan layanan maksimal semua ini bisa terwujud karena kerja keras bersama, " pungkasnya.(Rth)

Redaktur : Hennyra 


 





Baca Juga