PKM Prodi Manajemen UNJAYA Beri Penguatan Kapasitas SDM BUMDes Binangun Raharja Samigaluh Kulon Progo

KULONPROGO – Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJAYA) melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Desa Pagerharjo Samigaluh Kulon Progo.

Ketua Tim PKM Prodi Manajeman UNJAYA, Niken Widyastuti, SE.,MM  mengatakan, sasaran dari kegiatan PKM tersebut adalah peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Binangun Raharja yang dikelola masyarakat setempat.

Ia bersama mahasiswa Prodi Manajemen, Tiya Agustina, Riyanto dan Rinda Aprilia Pramesti melaksanakan kegiatan PKM sejak 18 November hingga Januari 2022, 

“Penguatan kapasitas SDM dan tata kelola Bumdes Binangun Raharja Desa Pagerharjo ini merupakan Program PKM yang sedang dilaksanakan UNJAYA di tahun 2021 ini,” tuturnya Rabu (29/12/2021).

Niken mengungkapkan, salah satu ukuran penentu tinggi rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan BUMDes adalah Kemampuan SDM di dalamnya. Menurutnya, BUMDes Binangun Raharja Pagerharjo masih menghadapi masalah terkait kurangnya kemampuan SDM dalam penguasaan teknologi informasi untuk mengoptimalkan promosi,

“Tujuan dari PKM ini adalah untuk membantu memecahkan masalah  BUMDes Binangun Raharja Pagerharjo, salah satunya terkait penguasaan teknologi informasi.  BUMDes Binangun Raharja saat ini belum memiliki sebuah sistem atau media online dengan memanfaatkan fasilitas internet untuk memperluas jangkauan layanan atau profil badan usaha kepada konsumen,” ungkapnya.

Niken menjelaskan, selama ini BUMDes Binangun Raharja belum bisa mempromosikan produk UMKM binaannya kepada konsumen atau masyarakat umum secara luas, karena belum memiliki web site dan katalog UMKM. Oleh karenanya TIM PKM Prodi Manajemen UNJAYA memberikan pelatihan pengelolaan web site kepada pengelola BUMDes Binangun Raharja.

Pelatihan tersebut terdiri dari bagimana cara maintenance (pemeliharaan) website, membuat content atau artikel pada web site  dan memperbaiki tampilan atau label web.

Niken berharap, dengan adanya web site dan katalog digital, nantinya akan memperluas jangkauan promosi, sehingga produk atau layanan BUMDes Binangun Raharja akan lebih banyak dikenal masyarakat luas.

“Kami juga berharap kepada pengelola BUMDes Binangun Pagerharjo dan pemangku kepentingan terkait, juga seluruh masyarakat, semoga ilmu yang diberikan bisa bermanfaat dan kegiatan ini bisa berlangsung berkelanjutan,” harapnya.

“Kami mengucapan terima kasih kepada UNJAYA yang  telah memberi hibah pengabdian dalam bantuan pendanaan program pengabdian internal untuk tahun 2021 ini,” pungkas Niken. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.