Lebarkan Sayap, Peneguhan Arah Juang Relawan Dulur Ganjar Pranowo DIY Bakal Digelar


Ketum DPP DGP, Raden Zieo Suroto bersama Ketum DPW DGP DIY, Subandi Kusuma beserta jajaran. Foto: Fafa

SLEMAN –Relawan Dulur Ganjar Pranowo (DGP) yang sudah santer mendukung Ganjar Pranowo maju sebagai Calon Presiden dalam Pemilihan Presiden 2024, melebarkan sayapnya ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) DGP akan menggelar Peneguhan Arah Juang atau deklarasi Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DGP DIY Pada Rabu 2 Pebruari 2022 mendatang.

Ketua Umum (Ketum) DPP DGP, Raden Zieo Suroto menuturkan, DGP adalah relawan yang dibentuk murni oleh grass root atau kalangan masyarakat bawah dan tidak di bawah komando partai politik (Parpol),

"Dulur Ganjar Pranowo ini adalah relawan yang bukan dibuat oleh Pak Ganjar. Artinya, relawan yang dibuat oleh independent dari grass root, dari rakyat langsung. Kami terstruktur, sistemik dan masif membentuk sebuah gerakan untuk pemenangan Pak Ganjar," tuturnya saat menghadiri rapat koordinasi bersama Pengurus DPW DGP DIY di Kopi Kioen, Godean, Sleman pada Rabu 19/01/2022) malam.

Suroto menjelaskan, dalam skala nasional DGP sudah Sudah terbentuk di 15 provinsi dan perwakilan luar negeri di 3 negara  yaitu Taiwan, Hongkong dan Singapura. Menurutnya, saat ini DGP sudah memiliki jutaan member (anggota). Selain DPW DIY, dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan Peneguhan Arah Juang untuk DPW di wilayah Sumatera Utara (Sumut), Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Aceh, dan Lampung,

"DGP Jawa, Bali dan DIY sudah terbentuk dan dikukuhkan, artinya DGP sudah menguasai separo penduduk Indonesia," ungkapnya.

Suroto menargetkan ke depan bisa terbentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DGP di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia. Selain itu ia juga mengupayakan terbentuknya DPD luar negeri di 60 negara untuk mengakomodir diaspora atau WNI yang sementara tinggal di berbagai penjuru dunia.

Ia mengungkapkan, DGP memiliki ciri khas yang membedakan dengan relawan-relawan Ganjar Pranowo lainnya,

"Yang membedakan dengan relawan lain, DGP itu dimulai dari grass root. Tingkat desa namanya Gardu, naik ke Posko, lalu ke Markas Komando (Mako) DPD, baru Dapil, selanjutnya DPW dan DPP. Kalau yang lain kebanyakan mungkin membentuknya secara top down, kalau kita kan buttom up, dari bawah dulu baru ke atas," ujarnya.

Selain dari struktur organisasinya, Suroto mengklaim konsep gerakan DGP juga berbeda dengan kebanyakan relawan. DGP juga akan menjadi wadah untuk  membentuk kemandirian ekonomi para relawan,

"Konsep kita beda, yaitu bagaimana juga relawan kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan melalui gerakan ekonomi mandiri dengan berkoperasi dan menaikkan UMKM di sekitar wilayah masing-masing. Nampaknya belum ada relawan di Indonesia yang bisa memadukan gerakan sosial dan gerakan ekonomi mandiri. Makanya DGP menciptakan dan mengadakan gerakan ini agar bisa terlaksana," harap Suroto.

Lebih lanjut ia menjelaskan, DGP akan mewujudkan gerakan sosial dan gerakan ekonomi mandiri dengan membentuk koperasi Derap Gerak Pertiwi (DGP) yang menaungi unit-unit usaha para relawan,

"Koperasinya juga bukan seperti kebayakan yang sudah ada seperti Koperasi Simpan Pinjam. Koperasi DGP ini nantinya akan dijadikan semacam wadah pengembangan usaha atau incubator bisnis bagi para relawan. Jadi, DGP juga independent dan mandiri dalam mendanai kegiatannya," imbuh Suroto.

Khusus untuk DPW DIY, Suroto berharap agar dalam gerakannya ke depan juga berfokus untuk mengakomodir Budaya dan UMKM,

"Dari dulu DIY pusat atau sentral seni budaya dan UMKM. Kita akan bantu branding supaya seni dan budaya DIY juga go Nasional dan go internasional, karena dimasa pandemi ini kan sangat terpuruk, yang bisa bertahan kan hanya UMKM. Saya berharap keberadaan DPW DGP DIY ini juga memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Jogja yang istimewa ini," imbuh Suroto.

Sementara itu, Ketua DGP DIY, Subandi Kusuma mengatakan, DGP DIY  siap berjuang untuk lebih meningkatkan popularitas dan elektabilitas Ganjar Pranowo di DIY,

"DGP DIY akan bekerja keras agar Pak Ganjar mendapatkan tiket maju Pilpres 2024 dan akan berjuang memenangkan beliau," tandas Subandi.

Terkait acara Peneguhan Arah Juang DPW DGP DIY, Subandi mengatakan, rencananya akan digelar Pada Rabu 2 Pebruari 2022 di RM Pring Sewu Mulungan, Jl. Magelang, Banaran, Sendangadi, Mlati Sleman. Acara akan dimulai pada Pukul 2 siang (14.00 WIB),

"Pemilihan waktunya memang sengaja dengan angka serba 2. Itu agar mudah diingat karena tanggal cantik dan filosofinya karena ada 2 tujuan kita yaitu mengantarkan Pak Ganjar agar mendapat Tiket sebagai Capres pada 2024 dan tujuan kedua adalah memenangkan beliau agar menjadi Presiden Republik Indonesia," ucap Subandi. 

Menurut Subandi, selain pengukuhan pengurus DPW DGP DIY oleh Ketum DPP DGP, dalam acara Peneguhan Arah Juang, juga akan dilakukan penandatanganan petisi untuk mendukung Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024. Acara kemudian dilanjutkan dengan acara tumpengan di Markas DPW DGP DIY di Jl. Godean Km 8, Nomor 8,

"Tentunya nanti acara akan dilangsungkan dengan mematuhi Protokol Kesehatan," pungkas Subandi. (rd1)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

Berita Terkait

 

Baca Juga