Dorong Mahasiswa Terlibat dalam Mobilitas Global, UP 45 Akan Berpartisipasi dalam Talkshow IISMA 2022

YOGYAKARTA – Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45) terus mendorong mahasiswanya untuk terlibat dalam mobilitas global. Salah satunya yakni melalui Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA). 

Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) UP 45, Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM mengatakan, IISMA adalah Penghargaan Mobilitas Pelajar Internasional Indonesia yang merupakan skema beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai siswa Indonesia untuk program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri,

“Mahasiswa sarjana dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah dan melakukan tugas praktis untuk mengasah keterampilan mereka,” tuturnya, Minggu (06/03/2022).

Menurut Putri, Skema IISMA ini dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan terbuka untuk mahasiswa sarjana dari seluruh perguruan tinggi Indonesia di bawah Ditjen Bina Marga.

Putri menjelaskan, UP 45 turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Talkshow IISMA 2022 yang akan dilaksanakan Pada Selasa (08/03/2022) besok.

Talkshow IISMA 2022 dilaksanakan bersama oleh lima perguruan tinggi, yaitu UP 45, Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Universitas PGRI Yogyakarta dan universitas Dhayana Pura (UNDHIRA) Bali dan Kemendikbud,

“Talkshow akan dilaksanakan secara daring mulai Pukul 19.00 hingga Pukul 21.00 WIB dan akan disiarkan langsung melalui Youtube streaming,”katanya.

Putri menambahkan, dalam talkshow akan dihadirkan empat narasumber yaitu R. Rachmat A. Sriwijaya, S.T., M.T., D. Eng (Ketua IISMA 2022), Andi R. Wijaya, S.T., M. Sc., Lic., Ph.D. (Wakil Ketua IISMA 2022), Fakhri Giffari (UGM-IISMA Alumni dari Boston University), dan Ahmad Priyansyah (UII-IISMA Alumni dari University of Sussex). Talkshow akan dipandu oleh dua host yaitu Arida Susyetina (Kepala Pusat Pelatihan Bahasa UKDW) dan Dian Sari Utami (Direktur Kemitraan/KUI UII),

“UP 45 akan berpartisipasi aktif dalam Talkshow IISMA 2022 nanti, baik Ibu Bapak Dosen, Pengelola Prodi, Para Pegiat KUI UP 45, dan adik-adik mahasiswa. Dengan mengikuti kegiatan ini, harapannya peserta khususnya mahasiswa akan lebih memahami tentang IISMA dan berkesempatan meraih awardee (penerima beasiswa), sehingga semakin memantapkan UP 45 menjadi world class university,” harap Putri. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.