Jadi Mitra IISMA 2022, Universitas Proklamasi 45 Siapkan Mahasiswa Go Internasional

YOGYAKARTA – Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP 45) Yogyakarta siap menjadi mitra Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI. 

Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) UP 45, Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM mengatakan, IISMA adalah program beasiswa yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa di Indonesia untuk belajar di Perguruan Tinggi Luar Negeri,

“UP 45 terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi mahasiswa agar bisa berkompetisi di ranah global atau go internasional. Salah satunya mengambil kesempatan untuk menjadi mitra IISMA 2022 ini,” tuturnya Senin (14/03/2022). 

Menurutnya, kesiapan UP 45 menjadi salah satu mitra IISMA 2022 diantaranya telah ditunjukkan dalam penyelenggaraan Talkshow IISMA 2022 Pada Selasa (08/03/2022) yang lalu.

Talkshow IISMA 2022 dilaksanakan bersama oleh lima perguruan tinggi, yaitu UP 45, Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Universitas PGRI Yogyakarta dan universitas Dhayana Pura (UNDHIRA) Bali.

Putri menjelaskan, KUI UP 45, para Dekan, Kaprodi dan seluruh dosen akan menggencarkan  sosialisasi IISMA dan memotivasi mahasiswa agar mempersiapkan diri untuk mendaftar untuk mendapatkan beasiswa IISMA tahun ini,

“Selain upaya sosialisasi yang masif, para Kaprodi atau Dekan nantinya juga turut menyaring atau merekomendasikan mahasiswanya yang potensial, memiliki keunggulan secara akademik dan bahasa Inggris, untuk mendaftar. Nantinya universitas akan membantu memfasilitasi,” imbuhnya.

Sebelumnya, Plt. Rektor UP 45 Yogyakarta Dr. Benedictus Renny See, S.H., S.E., M.H.,  menuturkan, program beasiswa IISMA merupakan bentuk perhatian Kemendikbud untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia,

“Melalui program IISMA ini mahasiswa akan difasilitasi untuk meraih capaian pembelajaran sesuai minat dan bakatnya sehingga setelah lulus program sarjana, nantinya adik-adik (mahasiswa) ini mampu bersaing di dalam lapangan pekerjaan tidak saja di tingkat nasional tapi juga di tingkat global,” ujarnya  saat memberikan sambutan dalam Talk Show IISMA 2022 yang digelar secara Daring.

Benedictus juga meminta jajaran Dekan, Kaprodi, para dosen dan KUI untuk melakukan sosialisasi IISMA Kepada mahasiswa. Ia juga mendorong mahasiswa UP 45 untuk mempersiapkan diri dan berkompetisi agar bisa menjadi salah satu penerima beasiswa IISMA,

“Ini adalah kesempatan emas yang mungkin di zaman kita dulu susah. Siapkan bahasa, mental, attitude. Saudara ke sana bukan atas nama pribadi, bukan atas nama universitas, tapi atas nama bangsa Indonesia yang mencerminkan nilai-nilai budaya, khususnya budaya Pancasila, yang bisa menghargai, menghormati perbedaan dan selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” imbaunya.

Sekadar informasi, Talk Show IISMA 2022 yang lalu menghadirkan R. Rachmat A. Sriwijaya, S.T., M.T., D. Eng (Ketua IISMA 2022), Andi R. Wijaya, S.T., M. Sc., Lic., Ph.D. (Wakil Ketua IISMA 2022), Fakhri Giffari (UGM-IISMA Alumni dari Boston University), dan Ahmad Priyansyah (UII-IISMA Alumni dari University of Sussex). 

Menurut Rahmat IISMA 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya dimana semakin banyak Perguruan Tinggi yang mendaftar menjadi mitra IISMA, tidak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri,

“Mitra kita ada perguruan tinggi terbaik 1 dan 2 dari Italia, Spanyol, dan Irlandia. Untuk  Amerika dan Inggris kita berusaha bergerak lebih baik lagi, tujuannya untuk memberikan fasilatas dan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia agar bisa belajar di perguruan tinggi terbaik di dunia,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, untuk IISMA 2022 terdapat sekira 2500 pendaftar namun yang terjaring baru 1000 mahasiswa dari seluruh Indonesia. Untuk tahun ini menurutnya pendaftar lebih banyak dan kesempatan untuk menjadi penerima beasiswa juga ditingkatkan.

“Kami membuaka kesempatan kepada semua Perguruan Tinggi di Indonesia untuk ikut,” tandasnya.

Andi menambahkan, untuk IISMA 2022 juga memberikan pilihan  2 Perguruan Tinggi. Hal itu berbeda dengan tahun lalu yang hanya 1 Perguruan Tinggi, sehingga pendaftar bisa mengatur strategi untuk menentukan pilihan pertama dan pilihan alternatif (kedua).

Di sisi lain, penerima Beasiswa IISMA baik Fahri maupun Ahmad berbagi tips menjadi awardee IISMA. Agar bisa lolos sebagai awardee IISMA, yang pertama adalah memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Selain itu, selalu up date informasi resmi dari IISMA,

“Yang terpenting persiapan mengambil tes kemampuan berbahasa Inggris. Saya waktu itu sebenarnya waktunya mepet. Tapi saya percaya tidak ada yang tidak mungkin. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita bisa belajar dari sosial media. Saran saya dari sekarang mulai dibiasakan berbahasa Inggris. Kalau saya dulu praktik dengan teman-teman,” ungkap Ahmad.

Acara Talkshow IISMA 2022 dihadiri para Rektor dan wakil rektor 5 Perguruan Tinggi penyelenggara. Talk Show diikuti lebih dari 300 peserta mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.