Soal Tiket Naik Candi Borobudur 750 Ribu, Begini Kata Menteri Sandiaga Uno Senadakah Dengan Menko Luhut?

JAKARTA – Wacana pemerintah akan menaikkan tiket naik ke Puncak Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah menjadi Rp 750 ribu menuai pro kontra. Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah akan mengkaji ulang rencana harga tiket naik ke Candi Borobudur sebesar Rp750.000 untuk wistawan lokal.

Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf menerima masukan dari berbagai pihak terkait harga tiket masuk Candi Borobudur. Namun demikian, kata Sandi, pemerintah juga memperhatikan kondisi masyarakat yang baru saja keluar dari pandemi. Sektor pariwisata menjadi salah satu harapan untuk Kembali memulihkan perekonomian masyarakat.

“Pariwisata yang baru saja melihat kembali, ekonomi baru saja bangkit kembali. Kami sangat mengerti dan juga ingin meluruskan, bahwa tiket wisatawan nusantara itu tidak mengalami kenaikan,” sebagaimana dikutip saat berbicara dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (06/06/2022) kemarin.

Menurut Sandi, perubahan harga tiket masuk ke Candi Borobudur, perlu dikaji ulang lebih mendalam. Serta diperlukan empati yang dapat mensinergikan dengan keadaan, di mana kini dialami oleh masyarakat.

Menurutnya kondisi perekonomian masyarakat masih berat akibat pandemi COVID-19, ditambah lagi dengan adanya kenaikan harga bahan pokok hingga biaya hidup yang kian tinggi.

Menteri sandi memastikan harga tiket masuk wisatawan lokal sampai Pelataran tidak akan dinaikkan, yakni tetap Rp50.000 per orangnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Sebelumnya, Menko Luhut mewacanakan pemerintah bakal menetapkan tarif baru bagi pengunjung yang ingin naik ke Candi Borobudur yaitu Rp 750 ribu per orang. Menko Luhut mengatakan pemerintah berencana menggelontorkan dana sebesar Rp 6,8 triliun untuk kawasan Candi Borobudur.

Dana tersebut, kata dia, rencananya akan digunakan untuk mempercantik kawasan candi.

“Mengenai Borobudur sudah diuputuskan jugamembatasi orang naik 1.200 per hari. Kalau orang asing kita kasih 100 dolarkalau yang di dalam negeri kita kasih Rp 750 ribu. Anak sekolah Rp 5.000,” katanyadi Candi Borobudur, Sabtu (04/06/2022) kemarin saat berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. (pr/kt4)

Redaktur: Faisal

5 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.