Jenazah Eril Ditemukan, Ridwan Kamil Langsung Bertolak ke Swiss

Emmeril Kahn Mumtadz

BANDUNG – Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dipastikan telah ditemukan di bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Jenazah Eril ditemukan pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat.

Kabar tersebut dikonfirmasi Duta Besar RI di Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad. Dalam konferensi pers daring, Kamis (09/06/2022)malam Muliaman menjelaskan kronologis penemuan jenazah Eril oleh kepolisian Kota Bern.

“Jenazah Eril ditemukan pada Pukul 06.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB. Kemudian Kepolisian Bern menyampaikan informasi ke pihak KBRI Bern dan keluarga Bapak Ridwan Kamil di Swiss,” tuturnya.

Muliaman menjelaskan, sesuai prosedur yang berlaku di Swiss, tim forensik kepolisian mengidentifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad itu adalah jasad Eril.

“Pada hari ini Kamis 9 Juni 2022, polisi mengonfirmasi, berdasar tes DNA jenazah yang ditemukan tersebut adalah jenazah Eril. Pukul 13.45 siang waktu Swiss, Polisi Bern merilis keterangan resmi soal penemuan jenazah. Kemudian pihak kepolisian menyampaikan berkas ke pengadilan untuk serah terima jenazah Eril ke keluarga Eril,” kata Duta Besar Muliaman

Dia juga memastikan siang hari pihak pengadilan memberikan kewenangan bagi keluarga untuk menerima jenazah Eril. KBRI Bern memastikan bahwa penghormatan hak Eril terpenuhi sesuai syariat Islam.

“Untuk selanjutnya, KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam pengurusan kepulangan Eril ke Tanah Air. Pihak keluarga menyampaikan jenazah Eril dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Sabtu atau Minggu 12 Juni 2022,” ungkapnya.

Mendengar kabar tersebut, Ridwan Kamil langsung bertolak ke Swiss Juru bicara Pemprov Jabar Wahyu Mijaya mengatakan Ridwan Kamil berangkat ke Swiss pada Kamis (09/06/2022) atas permintaan pihak keluarga yang berada di sana.

Wahyu memastikan Ridwan Kamil berangkat ke Swiss tanpa ditemani istrinya Atalia Praratya dan hanya didampingi asistennya.

Wahyu membenarkan bahwa Ridwan Kamil mengajukan cuti selama 10 hari.

“Terkait dengan izin gub pemprov sudah inisiatif kembali menyampaikan permohonan izin ke luar negeri dengan alasan penting. Mendapatkan persetujuan [Mendagri]. Mulai tanggal 9 sampai 19 Juni,” katanya dalam jumpa pers yang digelar di Gedung Pakuan, Bandung.

Sebelumnya Keluarga Ridwan Kamil memastikan Eril sudah meninggal dunia di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman mengatakan putra sulung Ridwan Kamil tersebut sudah berpulang.

“Innalilahi wa innailahi rojiun, Eril sudah wafat karena tenggelam,” kata Erwin membuka jumpa pers dengan media di Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (03/06/2022) lalu.

Ia menambahkan pencarian yang dilakukan Tim SAR Swiss sejak Kamis (26/05/2022) hingga Rabu (02/06/2022) sudah maksimal meski belum membuahkan hasil menemukan Eril.

“Keluarga telah mengikhlaskan,” ujarnya. (pr/kt4)

Redaktur: Hamzah

4 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.