Begini Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 32, Mudah dan Anda Pasti Bisa  

ilustrasi kartu pra kerja. Foto: doc/jogjakartanews.com

Jogjakartanews.com– Kabar Gembira, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 32telah dibuka pada Rabu (8/6/2022). Informasi tersebutdisampaikan melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

“Yang ditunggu-tungguakhirnya sampai! GELOMBANG 32 DIBUKA!!!” tulispostingan akun tersebut.

Masyarakat bisa melakukan pendaftaran di laman prakerja.go.id. Jika sebelumnyasudah pernah mendaftar, maka tinggal klik Gabung Gelombang pada dashboard akun prakerja.

Sepertidiketahui, Pada tahun 2022 ini, Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 11 triliununtuk program Kartu Prakerja, di mana anggaran tersebut ditarget dapat menyentuh 4,5 juta peserta baru. Saat ini Kartu Prakerja telah memasuki gelombang 32, di mana pada 2022 program ini dimulai dari gelombang 23.  Artinya sudah 9 gelombang buka.

Insentif yang diberikan kepada peserta lolos cukup besar, yakni mencapai Rp 2,4 juta. Rincian insentif Kartu Prakerja itu ialah Rp 600 ribu perbulan selama 4 bulan, insentif survei Rp 150 ribu, ditambah insentif pelatihan sebesar Rp 1 juta.

Apabila lolos seleksi Kartu Prakerja , peserta akanmendapatkan total insentif Rp2,55 juta. Pencairan insentif dilakukan usaimengikuti pelatihan dan mengisi rating. Jadi, jangansia-sikan kesempatan baik ini.

Syarat Mengikuti Program Kartu Pra Kerja

Pendaftarprogram Kartu Prakerja terbuka bagi semua WNI 18tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban PHK, karyawan maupunpelaku wirausaha namun tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Selain itu,penerimaKartu Prakerja tidak boleh tercatat diDTKS Kemsos, bukan penerima BSU, BPUM, bukan TNI/Polri, ASN, KepalaDesa/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, Anggota DPR, dan atau DPRD.

Berdasarkan unggahan di akun media sosial Kartu Prakerja, ada 3 kriteria yang diprioritaskan untuk lolos, yaitu yang terdampak pandemi, yang kehilangan pekerjaan, ketiga yang sedangmengalami kesulitan.

Cara DaftarKartu Prakerja Gelombang 32

1. Buka laman dashboard.prakerja.go.id/daftar;

2. Masukkan email dan password, lalu klik Daftar;

3. Buka email danlakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email;

4. Masuk kedashboard akun;

5. Pada bagianverifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik Lanjutkan;

6. Lengkapi data diri dan unggah foto e-KTP;

7. Pastikan mengunggahe-KTP asli dan berwarna.

8. Lakukanverifikasi nomor handphone Klik Kirim;

9. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP,

10. Klik Verifikasi;

11. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar sesuai kondisi;

12. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik OK.

13. Wajib melakukan Tes Motivasi& Kemampuan Dasar;

15. Setelah mengisites, hasil tes akan dievaluasi. Pendaftaran sedikit lagi selesai dan tinggal mengikuti seleksi Gelombang.

16. Pilih Gelombangyang sesuai domisili, lalu klik Gabung;

17. Selanjutnya akanmuncul konfirmasi pilihan Gelombang pendaftar.

18. Bila sudahsesuai, klik Ya, Gabung;

19. Akan munculPersetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan.Pendaftar harus klik Saya Menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

20. Tahap pendaftaranselesai!

Setelah melakukan tahapan-tahapan tersebut, pendaftar hanya perlu menunggu pendaftaranmu dievaluasi. Pendaftar akan menerima notifikasi apakah lolos melalui SMS setelah penutupan Gelombang.

“Yuklangsung klik “Gabung Gelombang” sekarang!!! Jangan kelamaan supaya#SiapDariSekarang!!!!” tulis akun Instagram @prakerja.go.id. (*)

Penulis: Priska Ariana

Editor: Hamzah

5 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.