Ini Rekomendasi Kuliner Jogja yang Enak untuk Anda

kuliner jogja yang enak
Suasana di Warung Inyong, salah satu destinasi kuliner jogja yang enak. Foto: Fin.

Jogjakartanews.com – Saat berwisata di Yogyakarta (Jogja) selain menikmati suasana Malioboro atau Kraton dan Wisata Alamnya yang menawan, tak lengkap rasanya kalau tak menjajal kuliner Jogja yang enak.

Sebagai kota wisata dan budaya, di Jogja ada banyak sekali menu dan destinasi kuliner yang dijamin akan memanjakan lidah wisatawan.

Jogja juga berpredikat sebagai miniatur Indonodesia. Jadi, tak hanya kuliner khas asli Jogja saja yang tersedia, tapi juga ada beragam khas kuliner nusantara yang sudah dipadu padankan dengan warna budaya Jogja.

Berikut 10 Daftar Kuliner Jogja Terpopuler 2022

1.Warung Inyong

Warung Inyong dengan konsep lesehan rumah bambu yang terletak di belakang kampus Fakultas Teknik UGM, Pogung Selatan, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner.

Menu andalan di Warung Inyong adalah ayam bakar madu dan telor bakar daun. Tak hanya makanan, aneka minuman segar maupun hangat juga tersedia di Warung Inyong. Di antaranya adalah Kopi Banjar ( Kopi khas Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah).

Warung inyong yang buka setiap hari dari pukul 10.00 – 22.00 ini, selalu dipadati pelannggan. Dalam sehari, rata-rata sekitar 400 hingga 500 pelanggan, terutama dari kalangan mahasiswa datang untuk menikmati sajian di Warung Inyong.

Total menu hidangan yang selalu siap di warung Inyong sekitar 40 menu makanan, dan 30 minuman. Harga minuman dan makanan di warung inyong sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 12.000,- sudah bisa menikmati paket ayam geprek ngapak plus minuman segar atau hangat.

Selain karena masakannya yang nikmat ala Banyumasan (Banyumas-Jawa Tengah), harganya yang terjangkau, suasananya juga asri dan nyaman. Banyak mahasiswa yang juga memanfaatkan warung inyong sebagai tempat makan sembari berdiskusi.

Panorama sawah pedesaan di tengah kota menambah selera makan bertambah. Kenyamanan lainnya yang diberikan kepada pelanggan adalah tempat parkir yang luas.

2. Mie Lethek Mbah Mendes

Dalam bahasa Jawa nama ‘Lethek’ memiliki arti kotor atau kusam. Nama ‘Lethek’ dipilih karena mie yang terkenal di Yogyakarta ini kurang menarik jika dilihat dari tampilannya. Namun jangan salah, soal rasa boleh diadu dengan mie-mie lainnya.

Untuk Anda yang tertarik untuk menikmati Mie Lethek Mbah Mendes yang legendaris ini bisa langsung datang ke Dusun Sarirejo Kelurahan Maguwoharjo, Depok, Sleman. Untuk harga per posinya sendiri yaitu kurang dari Rp 50 ribu namun sudah bikin kenyang.

3. House of Raminten

House of Raminten terkenal dengan berbagai keunikannya. Selain makanan yang beragam, keunikan dari wisata kuliner Jogja ini yaitu desain interior yang dihadirkannya.

Untuk pilihan menu makanan dan minumannya berkonsep menu kaki lima layaknya angkringan. Nah, untuk Anda yang ingin kulineran kesana tidak perlu khawatir pasalnya harga yang ditawarkan kurang dari Rp 50 ribuan. Lokasi dari House of Ruminten sendiri yaitu berada di Jl Faridan Muridan Noto No 2 Gondokusuma.

4. Pecel Pasar Baringharjo

Seperti yang diketahui, Pasar Baringharjo merupakan salah satu pasar terbesar dan juga legendaris di daerah Yogyakarta. Hampir semua barang bisa Anda jumpai di pasar ini termasuk menu sarapan tradisional khas Jogja.

Dari banyaknya makanan yang bisa Anda jumpai di Pasar Baringharjo, salah satu yang paling terkenal adalah “Pecel Senggol Beringharjo”.

Menu yang dihadirkan setiap harinya yaitu aneka sayur segara seperti daun pepaya, jembak, bayam, kecambah, bunga turi, kol, dan masih banyak lagi.

Bagi yang belum tahu lokasinya, Pasar Baringharjo ini berlokasi di Margo Mulyo Jalan Jendral Ahmad Yani Ngupasan Kota Jogja. Kuliner hits di Jogja ini buka setiap hari mulai dari pukul 6 pagi hingga 3 sore.

5. Mie Ayam Bu Tumini

Bagi para penggemar masakan bakmie dan sejenisnya kurang cukup rasanya jika tidak mampir di Mie Ayam Bu Tumini. Salah satu keistimewaan mie ayam Bu Tumini ini yaitu kuah cokelat yang tidak biasa ditambah dengan lauk ayam dan ceker.

untuk Anda yang penasaran dengan kelezatan dari Mie Ayam Bu Tumini ini bisa langsung meluncur ke Jalan Imogiri Timur Nomor 187. Untuk jam bukanya sendiri yaitu mulai dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore.

Satu porsi Mie Ayam Bu Tumini ini bisa Anda nikmati hanya dengan mengeluarkan bujet sekitar Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu saja.

6. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Belum ke Jogja rasanya jika tidak menikmati salah satu kuliner khas Jogja yang paling populer ini. Seperti yang diketahui, Gudeg menjadi salah satu makanan khas Jogja yang selalu dicari baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu tempat populer di Jogja yang menawarkan kuliner Gudeg dengan cita rasa yang khas yaitu Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan.

Jadi Gudeg legendaris ini merupakan racikan mbah Lindu yang sekarang ini berusia hampir 100 tahun dan sudah berjualan sejah belia masih remaja.

Gudeg Legendaris di Jogja ini berlokasi di Jalan Sosrowijayan Gedong Tengen Kota Yogyakarta. Untuk bisa menikmati seporsi Gudeg legendaris ini Anda hanya perlu mengeluarkan bujet sekitar Rp 15 ribuan saja.

7. Nasi Remes Demangan

Suka kulineran malam hari? Anda wajib mengunjungi Nasi Remes Demangan saat berada di Kota Jogja. Jadi, Nasi Rames Demangan merupakan salah satu kuliner malam Jogja yang bisa bilang cukup terkenal.

Warung makan yang sudah beroperasi sejak tahun 1993 ini juga dikenal dengan nama Nasi Campur Warung Tenda.

Sesuai dengan namanya, lokasi dari Nasi Remes Demangan ini yaitu di Jalan Demangan Gejayan. Warung Nasi Remes Demangan buka setiap hari mulai dari jam 9 malam hingga habis.

Untuk menu yang dihadirkannya cukup bervariasi dan harganya pun bisa dibilang lumayan terjangkau yaitu mulai Rp 30 ribuan saja.

8. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Bagi Anda pecinta kuliner pedas, Oseng-Oseng Mercon Bu Narti ini menjadi kuliner Jogja kekinian yang wajib untuk dicoba. Banyak yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan pelopor makanan oseng-oseng yang ada di daerah Jogja.
Untuk rasa yang ditawarkannya pun tidak perlu diragukan lagi karena dijamin bisa menggoyang lidah Anda.

Biasanya makanan oseng-oseng ini disajikan dengan nasi hangat yang asapnya masih mengepul. Untuk Anda yang penasaran dengan rasanya bisa langsung meluncur ke Jl KH Ahmad Dahlan Ngampilan Kota Yogyakarta.
Warung Oseng-Oseng Mercon Bu Narti ini buka mulai dari jam 5 sore sampai dengan tengah malam.

9. Soto Batok Mbah Katro

Bagi pecinta makanan berkuah seperti soto maka wajib merapat ke Soto Batok Mbah Karto yang sudah sangat terkenal akan cita rasanya. Soto Batok Mbah Karso sendiri merupakan salah satu kuliner Jogja yang berada di kawasan Candi Sambisari, Jogja.

Sesuai dengan namanya, salah satu keunikan dari kuliner ini yaitu proses penyajian sotonya yang menggunakan bathok atau tempurung kelapa.

Soto disajikan dengan menggunakan tempurung kelapa ini berisi nasi, tauge, potongan daging, taburan daun seledri dan bawang merah goreng. Kemudian disiram dengan kaldu sapi yang memiliki cita rasa gurih.

Bagi yang penasaran dengan cita rasanya bisa langsung datang ke Dusun Sambisari Kabupaten Sleman mulai dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore. Untuk harganya masih sangat ramah di kantong yakni kurang dari Rp 30 ribuan saja.

Setelah menyimak beberapa kuliner Jogja hits di atas, tentu Anda sudah punya gambaran makanan apa saja yang harus dicoba saat liburan ke Jogja. Selain memiliki cita rasa yang khas, rata-rata harga dari kuliner khas Jogja di atas masih terbilang murah dan ramah di kantong.

10. Warung Bu Saring

Terletak di area pintu masuk Pasar Lempuyangan, atau dekat Stasiun KA Lempuyangan. Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1990 ini sekilas memang biasa saja. Jika dilihat dari menu yang ditawarkan, sepertinya tidak ada yang istimewa.

Semua lauk yang tersaji di etalase makanannya bisa dibilang umum dan biasa. Tapi, jika sudah mencicipi, baru terasa istimewanya. Menu yang diandalkan oleh warung ini adalah sambalnya.

Menu sederhana yang banyak dipuji rasanya oleh pelanggan adalah tempe bawang uyah demikian juga kelezatan tempe garitnya.

Menu special lainnya di warung ini burung puyuh goreng dengan rasa gurih, tekstur yang tak terlalu alot, serta tekstur lembut dagingnya yang berpadu dengan crunchy-nya kulit burung puyuh.

Bagi Anda yang ingin mencoba merasakan sesansi sambal pedas nikmat bu Saring, langsung saja sambangi warungnya di Lempuyangan (Selatan Stasiun Lempuyangan), Jogja. Setelah Pandemi, Warung ini sekarang sudah buka normal Buka dari Pukul 18.00 – 22.00 WIB. (*)

Penulis: Priska Ariana

Editor: Faisal

 

 

57 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.