Reshuffle Kabinet Jokowi-Maruf Jilid 3, Zulhas dan Hadi  Tjahjanto Resmi Didapuk Menteri

reshuffle kabinet
Presiden Jokowi saat melantik 2 menteri baru Rabu (15/06/2022). Foto: doc/ist

JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto diangkat menjadi menteri dalam reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin (Jokowi-Maruf) Jilid 3.

Zulkifli Hasan atau akrab disapa Zulhas didaulat sebagai Menteri Perdagangan menggeser posisi Muhammad Luthfi, sedangkan Hadi Tjahjanto didapuk sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil yang telah menduduki jabatan itu sejak 2016 lalu.

Jokowi memutuskan kocok ulang kabinet dan mengumumkannya di Istana Negara pada hari ini, Rabu (15/06/2022) Pukul 13.00 WIB.

Tampak hadir dalam pelatikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengenakan pakaian merah. Hadir pula Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh.

Hadir pula Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Posisi wakil menteri (Wamen) di kabinet Jokowi juga mengalami perombakan. Salah satunya Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni akan dilantik menjadi Wakil Menteri ATR/BPN, menggantikan sesama kader PSI Surya Tjandra yang telah menduduki jabatan tersebut sejak 2019 lalu.

Sementara itu, Jokowi juga menempatkan dua orang pada posisi kosong wakil menteri dalam Negeri (Wamendagri) dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Dua tokoh yang akan mengisi posisi itu yakni Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Watipo dilantik sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Sebelumnya Jokowi pernah melakukan perombakan Kabinet Indonesia Jilid 2 pada Desember 2020, setelah dua menteri Jokowi ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keduanya, Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo serta Menteri Sosial nonaktif Juliari Peter Batubara yang selama dua pekan berturut terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) lembaga anti rasuah.

Daftar menteri yang diangkat saat perombakan saat itu yakni Tri Risma sebagai Menteri Sosial; Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan; Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama; Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan; Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; serta M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

Kemudian Jokowi kembali melakukan perombakan kabinet April 2021. Jokowi melantik dua menteri yang menempati kursi kementerian baru, yakni Kementerian Investasi, serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Mereka yakni Bahlil Lahadalia yang ditunjuk sebagai Menteri Investasi, serta Nadiem Makarim yang dipercaya dalam reshuffle kabinet menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek). (pr/kt4)

Redaktur: Faisal

 

 

58 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com