Budaya  

Info Lengkap Sendratari Ramayana Prambanan, Jadwal Pentas dan Harga Tiket 2022

Sendratari Ramayana
Pementasan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan. Foto: doc/jogjakartanews.com

Jogjakartanews.com – Keistimewaan Yogyakarta sehingga menjadi daerah wisata terbesar ke dua setelah Bali, salah satunya adalah karena mempertahankan nilai budaya. Wisata budaya yang tak pernah lekang oleh waktu di Yogyakarta, diantaranya adalah Sendratari Ramayana (Ramayana Ballet).

Sendratari Ramayana yang masih bertahan hingga dua puluh empat abad lamanya ini merupakan serangkaian pertunjukan tarian kolosal yang dipentaskan secara rutin. Secara resmi, sendra tari Ramayana pertama kali dipentaskan di panggung terbuka, sebelah selatan Candi Prambanan atau tepatnya Jl Jogja-Solo Km 16 Yogyakarta, pada 28 Juli 1961.

Pertunjukan kolosan yang memadukan kesenian Jawa yang berupa tarian, drama dan musik yang ditampilkan secara megah di atas panggung tersebut. Lebih dari 200 penari profesional dan musisi lokal berpartisipasi dalam Sendratari Ramayana

Pelataran Candi Prambanan sebagai pentasnya bukan semata karena candi Hindu, tetapi kisah tentang Ramayana sendiri terpahat sebagai relief abadi di setiap bagian dinding Candi Prambanan.

Dalam atraksinya tidak akan ditemukan dialog yang terucap dari para penari, hanya tembang yang dinyanyikan oleh para sinden sekaligus menggambarkan alur cerita. Uniknya, banyak atraksi yang ditampilkan seperti permainan bola api dan akrobat yang dilakukan oleh para penari.

Keistimewaan panggung terbuka di Prambanan adalah pada ukuran yang besar 14 m X 50 m dan dibangun sebagai bangunan yang menyatu dengan Candi Prambanan ( Candi Siwa) sebagai latar belakangnya dan menyatu dengan lingkungan alam yaitu Gunung Merapi serta langit biru sebagai dekorasi alamnya.

Tata panggung yang megah dan pencahayaan yang super indah kian membuat Sendratari Ramayana Prambanan memukau setiap pasang mata yang melihatnya.Tidak heran bila akhirnya banyak turis baik lokal maupun internasional yang berdatangan.

Cantiknya pertunjukan sarat budaya dan lihainya para penari kolosal dalam Sendratari Ramayana Prambanan dapat menjadi sarana edukasi yang perlu dikenalkan kepada generasi muda saat ini.

Jadwal Pertunjukan 

Sejak Pandemi Covid -19, spanjang tahun 2020 Sendratari Ramayana tidak menggelar pentas dan ditutup total. Namun seiring melandainya kasus Covid-19 dan telah dikeluarkannya kebijakan pemerintah, Sendra Tari Ramayana Pada tahun 2022 ini Kembali dipentaskan.

Sendratari Ramayana Prambanan biasa digelar tiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, pementasan di panggung terbuka hanya pada bulan Kemarau, di luar itu pementasan diadakan di panggung tertutup di Gedung Trimurti.

Ramayana Ballet Setiap Bulan Nopember sampai dengan Bulan April diadakan di Gedung Trimurti Setiap Hari Selasa, Kamis dan Sabtu Pukul 19.30-21.30 WIB .

Untuk bulan Mei sampai dengan Bulan October diadakan di Panggung Terbuka Setiap Hari Selasa, Kamis dan Sabtu Pukul 19.30-21.30 WIB.

Harga Tiket 

Kelas                      Panggung Terbuka           Gedung Trimurti               Fasilitas

VIP                        Rp. 450.000                                        –                              SOFT DRINK
SPECIAL              Rp. 300.000                         Rp. 300.000                        SOFT DRINK
CLASS 1                Rp. 200.000                         Rp. 200.000                        –
CLASS 2               Rp. 150.000                          Rp. 150.000                        –

Ada kebijakan khusus untuk pelajar dan mahasiswa (Maksimal S1) dalam negeri, harga tiket Rp 50.000 dengan minimum 30 siswa. Untuk harka khusus tersebut, pelajar dan mahasiswa  ditempatkan di kelas 2. Harga Pelajar tidak berlaku untuk pelajar Asing atau expatriat.

Namun untuk mendapatkan harga tiket khusus tersebut harus mebuat surat permohonan dispensasi dari Sekolah atau Universitas dikirim melalui email : borobudursunrise.net@gmail.com dan surat asli ditunjukkan Ketika mengambil tiket.

Tidak ada harga tiket anak-anak. Untuk anak-anak di atas 5 tahun harga sama dengan tiket dewasa. Namun untuk snak-anak di bawah 5 tahun tidak membutuhkan tempat duduk atau dipangku tidak dikenakan biaya tiket, tapi jika membutuhkan tempat duduk akan dikenakan harga tiket penuh. (*)

Editor: Hamzah

 

 

61 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.