Nanti Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi Bisa Lebih Murah Sesuai HET, Berikut Infonya 

Ilustrasi. Foto: Priska

JAKARTA – Minyak Goreng curah nantinyabisa dibeli dengan harga murah dengan aplikasi peduliLindungi.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, LuhutBinsar Panjaitan mengungkapkan, pemerintah melakukan upaya perubahan sistem ini untuk memberikan kepastian akan ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak goreng bagi seluruh lapisan masyarakat.

Menurutnya, penggunaan PeduliLindungi berfungsi menjadi alat pemantau dan pengawasan di lapangan untuk mendeteksi adanya penyelewengan di berbagai tempat yang dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan juga kenaikanharga Migor.

Selain itu, kata dia, perubahan sistem inidilakukan untuk membuat tata kelola distribusi Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) menjadi lebih akuntabel dan bisa terpantau mulai dari produsen hingga konsumen.

Sosialisasi pembelian MGCR melalui aplikasiPeduliLindungi kepada masyarakat akan dimulai Senin (27/06/2022) dan akan berlangsung selama dua minggu ke depan.

Menko Luhut menjelaskan, pembelian MGCR di tingkatkonsumen akan dibatasi maksimal 10 kg untuk satu NIK per harinya dan dijamin bisa diperoleh dengan harga eceran tertinggi, yakni Rp14.000 per liter atauRp15.500 per kilogram.

MGCR dengan harga tersebut bisa diperoleh dipenjual/pengecer yang terdaftar resmi dalam program Simirah 2.0 dan juga melalui Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE) yakni Warung Pangan danGurih.

Untuk masyarakat yang belum memiliki aplikasiPeduliLindungi masih bisa membeli dengan menunjukkan NIK.

“Setelah masa sosialisasi selesai, masyarakat harusmenggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan NIK, untuk bisamendapatkan MGCR dengan harga eceran tertinggi (HET),” kata Menko Luhut dalam pernyataan persnya, Jumat (24/06/2022).

Untuk memastikan masa sosialisasi dan transisi berjalan maksimal, Menko Luhut juga telah membentuk Task Force untuk menyebarluaskaninformasi terkait transisi sistem baru kepada masyarakat.

Tim tersebut menurutnya akan menyediakan berbagai saluran informasi untuk melayani pertanyaan ataupun keluhan yang muncul dari masyarakat terkait pembelian minyak goreng curah rakyat.

Terkait mekanisme pembelian, kata Menko Luhut, masyarakatdapat mengakses segala informasi terkait sosialisasi penjualan dan pembelian MGCR melalui kanal resmi media sosial instagram @minyakita.id dan juga websitelinktr.ee/minyakita.  (pr/kt5)

Redaktur: Hamzah 

60 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.