3 Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru Disertai Format yang Benar

ilustrasi
Ilustrasi. Foto: ist

Proses melamar kerja ke perusahaan impian kini semakin mudah lewat deretan contoh surat lamaran kerja yang dapat dilihat pada artikel ini. Tersedia pula penjelasan seputar format yang baik dan benar, sehingga Anda dapat membuat surat lamaran secara terstruktur.

Surat lamaran kerja atau cover letter bisa menjadi salah satu penentu keberhasilan. Berdasarkan pengertian umum, surat lamaran kerja adalah surat pengantar berisi perkenalan diri mencakup latar belakang, pekerjaan saat ini, alasan melamar kerja, dan sejenisnya.

Saat ini, terdapat banyak sekali jenis surat lamaran kerja di internet untuk dipelajari. Selain itu, Anda juga dapat memilih contoh surat lamaran kerja di platform desain seperti Canva dengan fitur yang canggih, berbagai elemen desain apik, dan ribuan aset lainnya.

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang benar? Sebenarnya mudah, Anda cukup memberikan perkenalan singkat, ajuan melamar kerja pada posisi yang dibuka, dan seterusnya. Namun ternyata, masih banyak orang keliru mengartikan surat lamaran kerja dan CV.

Apa bedanya CV dan surat lamaran kerja? Curriculum vitae (CV) pada umumnya mencantumkan banyak hal seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga skill secara lengkap, sementara surat lamaran kerja hanya berupa ringkasan atau latar belakang saja.

Bagaimana contoh surat lamaran kerja? Agar lebih jelas, simak selengkapnya di bawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

 

Kepada Yth,

HRD Medcom Energi

Jl. Medcom Energi No. 1

Jakarta Selatan

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Pablo Prasetyo

Alamat : Jl. Kehutanan No. 12, Yogyakarta

No. Telepon : 08912345678

Email : pabloprasetyo@email.com

Saya adalah mahasiswa lulusan S-1 Kehutanan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang saat ini sedang mencari kesempatan untuk bekerja di Perusahaan Medcom Energi.

Sebagai mahasiswa yang memiliki pengetahuan dasar di bidang kehutanan, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang positif dalam proyek-proyek yang sedang dijalankan oleh perusahaan. Saya juga merasa siap untuk belajar dan mengembangkan diri di lingkungan kerja yang profesional.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan Medcom Energi dan berharap dapat dijadikan bagian dari tim yang sukses dan profesional. Saya siap untuk mengikuti tahap seleksi yang diperlukan dan dapat dihubungi melalui nomor telepon atau email yang tercantum di atas.

Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,

 

Pablo Prasetyo

2. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

 

Kepada Yth,

 

Direktur PT. XYZ

Jl. XYZ No. 1

Jakarta Pusat

 

Perihal: Lamaran Pekerjaan – Staf Quality Assurance

 

Dengan Hormat,

 

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan diri untuk bergabung dalam tim PT. XYZ sebagai staf Quality Assurance. Saya Ratna Asih, lulusan S1 Teknik Elektro dari Universitas XYZ yang saat ini sedang mencari kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang professional dan inovatif seperti PT. XYZ.

 

Sebagai lulusan teknik elektro, saya memiliki dasar pengetahuan yang cukup untuk memahami dan menerapkan sistem mutu dalam industri manufaktur, khususnya dalam industri elektronik. Dengan berbagai pengalaman yang telah saya dapatkan selama magang di perusahaan elektronik, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang positif dalam proyek-proyek yang sedang dijalankan oleh PT. XYZ.

 

Sebagai pekerja yang cerdas, berdedikasi, dan ingin terus belajar, saya akan selalu berusaha meningkatkan kualitas produk dan proses sesuai dengan standar yang ditentukan. Saya akan bekerja keras dalam mencapai tujuan perusahaan dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

 

Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim PT. XYZ dan berharap dapat dijadikan bagian dari tim yang sukses dan professional. Saya siap untuk mengikuti tahap seleksi yang diperlukan dan dapat dihubungi melalui nomor telepon atau email yang tercantum di bawah ini.

 

No. Telp : +62-123-456-789

Email : ratnaasih@email.com

 

Terima kasih atas perhatiannya. Saya menunggu kesempatan untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara.

 

Hormat saya,

 

 

Ratna Asih

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Google Inc.

1600 Amphitheatre Parkway

Mountain View, CA 94043

 

January 6, 2023

 

To Whom It May Concern,

 

I am writing to express my interest in the Android Engineer position at Google. My name is Ahmad Daniel, and I am a recent graduate from Bandung University with a degree in Computer Science.

 

As a computer science student, I have developed a strong foundation in software development, with a specific focus on mobile application development. My coursework has included classes in mobile application development, software engineering, and user experience design. Additionally, I have been actively involved in several Android app development projects, both individually and as part of a team, which has provided me with the opportunity to apply my knowledge and skills to real-world projects.

 

I am particularly interested in working at Google because of the company’s reputation for fostering an innovative and collaborative working environment. I am drawn to the opportunity to be part of a team that is responsible for developing cutting-edge mobile technologies, and I believe that my skills, experience, and passion for mobile application development would make me a valuable asset to the team.

 

I have attached my resume for your review, and I would be happy to provide more information on my background and qualifications. Thank you for considering my application. I look forward to the opportunity to discuss my qualifications further.

 

Sincerely,

Ahmad Daniel

Email: ahmad.daniel@gmail.com

Phone: +62-812-123-6666

 

cc: copy of my resume

 

Please note that the format, details and or requirements that google or other companies may be looking for the resume and cover letter may be vary depends on the position, country and time of application, the provided letter is a general example, it’s always best to check the company’s official website or career page for any specific requirement they have.

***

Itulah tadi contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda jadikan referensi. Sebelum membuat, pastikan Anda sudah memahami format surat lamaran kerja yang benar sebagai berikut:

  • Tempat dan tanggal penulisan
  • Perusahaan yang dituju
  • Salam hormat
  • Kata Pengantar
  • Biodata pribadi
  • Pengalaman kerja
  • Skill atau kemampuan.
  • Penutup
  • Tanda tangan

 

Pahami contoh surat lamaran kerja di atas dan ikuti format yang benar untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda. Jangan lupa untuk review surat lamaran kerja Anda sebelum mengirimnya. Selamat mencoba! (adv/kjs)

77 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *